Pemdes Sukakersa Bersama Masyarakat Siap Wujudkan Target Vaksinasi 70 Persen

oleh -
Pelayanan dan sistem antrean yang diberlakukan tim vaksinator bersama perangkat desa menjadikan vaksinasi di aula Desa Sukakersa, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi berjalan tertib dan lancar, tanpa kerumunan.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Pemerintah Desa (Pemdes) Sukakersa, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat bersama masyarakat menargetkan pencapaian target vaksinasi sebesar 70 persen. Target ini dicapai secara serentak oleh semua unsur pemerintah dan masyarakat di Desa Sukakersa.

“Melihat warga yang antusias mengikuti vaksinasi, kami yakin target 70 persen dapat diwujudkan pada akhir tahun ini. Setiap kali mengadakan vaksinasi, warga selalu bersemangat untuk mengikutinya,” kata Kepala Desa Sukakersa, H. Deden Deni Wahyudin, S.E. ketika ditemui saat monitoring vaksinasi Covid-19 di Balai Desa Sukakersa, Sabtu (4/12/2021).

Vaksinasi di Desa Sukakersa, ujar dia, selalu memenuhi target. Dua fakta inilah yakni antusias warga dan target yang selalu tercapai yang membuat Kades Deden optimis dapat mewujudkan 70 persen sasaran vaksinasi telah menerima suntikan Vaksin Covid-19 pada akhir 2021.

Target tersebut, lanjut Deden, merupakan target bersama yang ditetapkan Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami. Dengan tercapainya target tersebut, Desa Sukakersa dan desa-desa lainnya yang telah mencapai 70 persen vaksinasi dapat mewujudkan herd immunity atau kekebalan komunal. Selanjutnya Desa Sukakersa terbebas dari Covid-19.

“Kami tidak henti-hentinya mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang vaksinasi dan protokol kesehatan. Masyarakat diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan sekalipun telah mendapatkan suntikan Vaksin Covid-19. Sebab Virus Corona belum benar-benar hilang dari lingkungan desa kami,” ujar Deden.

Panatauan di tempat vaksinasi menunjukkan, warga sebagai peserta maupun tim vaksinator memakai masker. Mereka juga mencuci tangan sebelum dan sesudah penyuntikan. Para peserta vaksinasi duduk di tempat tunggu dengan menjaga jarak yang aman satu dengan lainnya.

“Alhamdulillah, kesadaran masyarakat di desa kami dalam melaksanakan protokol kesehatan cukup tinggi. Mereka selalu menerapkannya pada saat melakukan aktivitas di tempat publik,” ungkap Kades Sukakersa.  

Warga Desa Sukakersa sangat antusias mengikuti vaksinasi. Sebagian besar datang atas kesadarannya sendiri. Mereka menjalani pemeriksaan kesehatan untuk menentukan kesiapan tubuhnya dalam menerima suntikan Vaksin Covid-19.

Salah seorang peserta vaksinasi bernama Jaka tampak bahagia setelah mengikuti vaksinasi. Dia telah menyelesaikan dua dosis dan berhak memegang sertifikat Vaksin Covid-19. Jaka mengaku puas dengan pelayanan yang diberikan tim vaksinator bersama perangkat desa. (*)

Print Friendly, PDF & Email