Bupati Pimpin Peringatan Hari AIDS se-Dunia di Cangehgar

oleh -
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menyampaikan arahan pada peringatan Hari AIDS se-Dunia tingkat Kabupaten Sukabumi di Lapangan Cangehgar Palabuhanratu.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menghadiri dan memimpin peringatan Hari AIDS se-Dunia (HAS) Tingkat Kabupaten Sukabumi Tahun 2021 di Taman Lapangan Cangehgar Palabuhanratu, Rabu (1/12/2021). Pada kegiatan itu bupati mengajak masyarakat untuk menguatkan sinergitas untuk mencegah penyebaran dan pengendalian HIV/AIDS.

Tema HAS tahun 2021 berbunyi: “Cegah HIV, Akses Layanan Untuk Semua” dan tema global “End Enequalities End AIDS” (akhiri ketimpangan. akhiri AIDS).

Menurut Bupati Marwan,  percepatan penanganan Covid-19 dan epidemi HIV AIDS sama-sama penting karena bila mana abai terhadap salah-satunya apalagi kedua-duanya, hal itu dapat menimbulkan dampak buruk yang sangat mengerikan.

“Sindrom dari kedua penyakit tersebut telah menaikkan kasus luar biasa pada angka  terpapar dan angka kematian. Selain itu, kedua penyakit ini mempunyai dampak buruk terhadap berbagai tatanan kehidupan manusia, terutama pada sektor kesehatan, sosial, dan ekonomi yang berakibat usia harapan hidup masyarakat menjadi lebih pendek atau berkurang,” jelasnya.

Upaya meredam laju penyebaran virus, lanjut dia, antara lain dengan menguatkan sinergitas dan kolaborasi dalam pencegahan dan penanggulangan/pengendalian HIV AIDS secara komprehensif.

“Kita bersama-sama mentransformasikan regulasi dan pengetahuan tentang HIV AIDS ke semua lapisan masyarakat, menanamkan kesadaran pentingnya hidup bersih dan sehat serta membangun kemandirian masyarakat dalam mencegah infeksi dan penularan HIV AIDS dan infeksi menular seksual (IMS), termasuk memberikan kemudahan dalam fasilitasi  perawatan bagi yang terinfeksi HIV,” tuturnya. 

Pada kesempatan itu Bupati Sukabumi menandatangani deklarasi dan kesepakatan bersama lintas sektor program Ustadz Peduli AIDS Kabupaten Sukabumi.

Ketua Penyelenggara, Harun Alrasyid menegaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan kemandirian masyarakat dalam mencegah infeksi dan penularan HIV-AIDS dan IMS

“Tentu kita semua berharap dapat meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian  untuk mencegah penyebaran HIV AIDS  di lingkungan kita,” ungkap Harun yang sehari-hari menjabat Kepala Dinkes Kabupaten Sukabumi. (*)

Print Friendly, PDF & Email