Sudah Siap Luar dan Dalam, Cibodas Optimis Menjadi Juara Lomba Bangga Kencana Kesehatan Provinsi

oleh -
Ketua TP PKK Desa Cibodas Hj. Ani Mulyani Suparman dan Kades Cibodas, H. Ujang Suparman menunjukkan salah satu hasil kreasi ibu-ibu PKK pada acara receking lapangan lomba kesrak Bangga Kencana Kesehatan tingkat Provinsi Jabar.
Tahapan receking lapangan lomba bangga kencana kesehatan tingkat Provinsi Jawa Barat di Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi optimis dapat menjadi juara lomba kesatuan gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan tingkat Provinsi Jawa Barat. Optimisme ini didorong oleh berbagai persiapan dan kesiapan yang telah dilakukan Tim Penggerak PKK Desa Cibodas khususnya untuk kategori PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).

“Desa kami telah membangun berbagai fasilitas pendukung agar pelaksanaan PHBS bisa dilakukan seluruh lapisan masyarakat. Karena itu kami optimis dapat menjadi juara pada lomba di tingkat provinsi,” kata Ketua TP PKK Desa Cibodas Hj. Ani Mulyani Suparman didampingi suaminya Kepala Desa Cibodas H. Ujang Suparman di tengah kesibukan menerima Tim Verifikasi Lapangan Lomba Bangga Kencana Kesehatan tingkat Provinsi Jawa Barat, Selasa (30/11/2021).

Boleh dikatakan, ujar dia, persiapan dan kesiapan Desa Cibodas untuk melaksanakan PHBS sudah luar dalam karena benar-benar dilaksanakan secara bersama-sama oleh masyarakat. Jadi ketika Ani haus menyampaikan presentasi, dia tidak mengalami  kesulitan karena merupakan hal yang biasa. Nanti setelah juara provinsi, Desa Cibodas melaju ke lomba tingkat nasional mewakili Jawa Barat.

Unsur-unsur yang dinilai terkait PHBS di Desa Cibodas antara lain persalinan, pemberian ASI, penimbangan balita, penggunaan air bersih, anjuran mencuci tangan, penggunaan jamban, pemberantasan jentik nyamuk, kebiasaan konsumsi sayur dan buah-buahan, pembiasaan pemajuan kegiatan, dan pembiasaan tidak merokok di dalam rumah.

“Jadi warga Desa Cibodas atas dorongan pengurus TP PKK terbiasa melaksanakan prinsip-prinsip PHBS,” ujar dia.

Tim Receking Lapangan Lomba Bangga Kencana Kesehatan tingkat Provinsi Jawa Barat dipimpin oleh oleh Sekretaris TP PKK Jawa Barat, Hj Dewi Kurniati Karnaen. Dewi menyatakan kedatangannya ke Kabupaten Sukabumi untuk melakukan recheking tahap II di Desa Cibodas yang merupakan wakil dari Kabupaten Sukabumi pada lomba kesrak Bangga Kecana Kesehatan tingkat povinsi.  

Pada receking itu tampak hadir Camat Bojonggenteng H. Pendi Effendi, S.IP., Kapolsek Bojonggenteng Ipda Khusaeni, S.H., Danramil 0712 Parungkuda/Kodim 0607 Kota Sukabumi Kapten Infanteri Ferry, kepala Puskesmas dan KUA Bojonggenteng. (*)

Print Friendly, PDF & Email