Wakil Bupati Mendorong Desa Wisata Terus Bersinergi untuk Kesejahteraan Masyarakat

oleh -
Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri ketika menerima rombongan audiensi Asidewi Kabupaten Sukabumi di BKPSDM Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi H. Iyos Somantri menerima audiensi Asosiasi Desa Wisata Indonesia (Asidewi) Kabupaten Sukabumi, Senin (29/11/2021). Pada pertemuan itu wabup menyampaikan harapan kepada Asidewi untuk terus mengembangkan desa wisata dan melakukan sinergi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Rombongan Asidewi itu diterima di BKPSDM Kabupaten Sukabumi, Jalan Kadupugur, Cicantayan. Wabub mengatakan, upaya mengembangkan parawisata  berbasis desa merupakan program strategis karena manfaatnya bisa dirasakan semua lapisan masyarakat di desa. 

“Kriteria desa wisata  harus disepakati sesuai dengan aturan dan norma-norma yang berlaku sehingga desa wisata yang ada di Kabupaten Sukabumi bisa terkoordinir dengan baik,” kata Iyos.

Desa wisata banyak unsurnya, salah satunya desa kuliner. Asidewi harus mendata desa kuliner untuk dijadikan aset pada desa wisata. Atraksi kuliner sering menarik minat wisatawan untuk datang dan menyaksikan.

“Kami harapkan kerja sama antara Asidewi dengan stakeholders wisata desa harus terus ditingkatkan agar kehadiran desa wisata dapat mendongkrak kesejahteraan masyarakat,” tutur wabup.

Di tempat yang sama Sekretaris Asidewi Kabupaten Sukabumi, Dendi Mulyadi menyampaikan bahwa  kehadiran organisasi tersebut diharapkan bisa membantu desa dalam program pengembangan obyek wisata  melalui pemberdayaan masyarakat.

“Sehingga potensi wisata yang ada di desa bisa diberdayakan menjadi sumber pendapatan serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” ujar Dendi. (*)

Print Friendly, PDF & Email