Wali Kota Imbau Masyarakat Turut Hentikan Peredaran Rokok Ilegal

oleh -
Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi (kedua dari kiri) ketika membuka sosialisasi peraturan perundang-undangan di bidang cukai hasil tembakau.

Wartawan Edy Silaban

Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi mengimbau masyarakat untuk ikut serta menghentikan peredaran rokok tanpa cukai atau rokok ilegal. Caranya dengan tidak membeli rokok ilegal atau melaporkan peredaran rokok jenis tersebut kepada instansi yang berwenang yang dalam hal ini Satpol PP atau Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi.

banner 970x90

Ajakan Fahmi itu disampaikan saat membuka sosialisasi peraturan perundang-undangan di bidang cukai hasil tembakau bertempat di Kantor Kecamatan Baros, Senin (22/11/2021). Sosialisasi itu diikuti perwakilan masyarakat Kecamatan Baros sebagai peserta.  

“Cukai hasil tembakau atau rokok merupakan salah satu sumber pendapatan negara yang kemudian dananya didistribusikan kepada kota dan kabupaten untuk dimanfaatkan oleh daerah. Karena itu, pemerintah dan masyarakat harus bahu-membahu menghentikan peredaran rokok ilegal karena jelas-jelas merugikan negara,” kata wali kota.

Dana dari cukai rokok, ujar dia, digunakan untuk membiayai kegiatan pembangunan di sektor kesehatan, penegakan hukum, dan kesejahteraan masyarakat. Sosialisasi tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat agar turut serta menghentikan peredaran rokok tanpa cukai atau ilegal.

Sosialisasi digelar oleh Diskumindag Kota Sukabumi. Pada kegiatan itu penyelenggara menghadirkan narasumber dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya (KPPBC) Pabean A Bogor. (*)

Print Friendly, PDF & Email