Diikuti 112 Pelajar, Kodim 0622 Selenggarakan Perkemahan Saka Wira Sakti

oleh -
Para peserta Perkemahan Pramuka Saka Wira Sartika di Lapangan Desa Sagaranten mulai berdatangan dari berbagai sekolah yang ada di Sagaranten dan sekitarnya.

Wartawan Suryana, S.E.

Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi menggelar perkemahan Pramuka Saka Wira Sartika di Lapangan Desa Sagaranten, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi. Perkemahan berlangsung selama dua hari dari Sabtu (20/11/2021) sampai dengan Ahad (21/11/2021).

banner 970x90

Pada perkemahan tersebut, para pesertanya berasal dari Pramuka Pandega dari berbagai sekolah yang ada di Sagaranten dan sekitarnya antara lain SMAN 1 Sagaranten, SMKN 1 Sagaranten, SMA Plus Teknologi Curugkembar, MA Curugkembar, dan MA Assahybiyah Sagaranten. Jumlah pesertanya sekitar 112 orang.

“Kegiatan perkemahan ini merupakan bagian dari pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika untuk meningkatkan kapasitas anggota,” kata pelaksana lapangan, Pelda Andi di lokasi perkemahan.  

Pelda Andi selaku pengawas Perkemahan Saka Wira Kartika Kodim 0622 bersama Jaenal sebagai pendamping Pramuka Madrasah Aliyah Assahybiyah Sagaranten. 

Pramuka Saka Wira Kartika Kabupaten Sukabumi bernaung di bawah pembinaan Kodim 0622. Saka yang dibentuk berdasarkan kerja sama antara Kwartir Nasional Pramuka dengan TNI Angkatan Darat ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara.

Gerakan Pramuka juga memiliki saka-saka lain yang bersifat nasional seperti Saka Bhayangkara (Polri), Saka Bahari (TNI AL), Saka Bakti Husada, Saka Dirgantara (TNI AU), Saka Kencana, Saka Taruna Bumi, Saka Wanabakti, Saka Pariwisata, Saka Kalpataru, dan Saka Widya Budaya Bakti.

“Pembinaan Saka Wira Sartika diselenggarakan setiap satu semester sekali dan pelaksanaannya bergilir. Sekarang di Sagaranten. Pelaksana lapangannya di bawah Danramil Sagaranten Kapten Infanteri Enjang. Sementara Ketua Penyelenggara Kapten Infanteri Maman Sulaeman selaku Perwira Seksi Teritorial kodim 0622,” jelas Pelda Andi. (*)

Print Friendly, PDF & Email