Program Kabupaten Sehat, Pemkab Sukabumi Meraih Swasti Saba Wistara

oleh -
Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri (kedua dari kiri) bersama Ketua Forum Silaturahmi Kabupaten Sukabumi Sehat (FSKSS) Hj. Yani Jatnika Marwan (ketiga dari kiri) saat mengikuti pengumuman program Kabupaten/Kota Sehat.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Kabupaten Sukabumi kembali meraih penghargaan Swasti Saba Wistara dalam program Kabupaten/Kota Sehat (KKS)  tahun 2021. Peraihan penghargaan KKS tersebut diumumkan oleh  Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono, Rabu (17/11/2021).

banner 970x90

Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi H. Iyos Somantri mengikuti acara pengumuman program KKS secara daring dari Pendopo Sukabumi. Bagi Kabupaten Sukabumi, penghargaan tersebut merupakan yang kedua kalinya. Program KKS merupakan hasil kerja bareng Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri.

Wabup bersyukur  atas kesuksesan Pemkab Sukabumi dalam meraih Swasti Saba Wistara kedua kalinya. Apalagi, tahun ini syaratnya teramat berat dibandingkan tahun sebelumnya. Salah satunya harus 100 persen ODF (Open Defecation Free) atau bebas dari kebiasaan buang air besar sembarangan. Bahkan, dari Jawa Barat hanya Kabupaten Sukabumi yang meraih penghargaan.

“Kami satu-satunya di Jawa Barat peraih penghargaan ini. Peraihan penghargaan ini merupakan hasil kerja bersama. Karena itu, kami berterima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang sama-sama bekerja keras untuk meraih target  dalam program Kabupaten Sehat,” kata Iyos.

Swasti Saba Wistara merupakan penghargaan tertinggi dalam KKS. Untuk dapat meraih penghargaan ini, daerah harus memenuhi tujuh tatanan.  Ketujuh tatanan dimaksud terdiri dari kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum, sarana lalulintas, tertib pelayanan transportasi, kawasan pariwisata, ketahanan pangan dan gizi, masyarakat sehat dan mandiri, serta kehidupan sosial yang sehat.

Ketua Forum Silaturahmi Kabupaten Sukabumi Sehat (FSKSS) Hj. Yani Jatnika Marwan mengatakan, semua unsur dikerahkan untuk mempertahankan penghargaan Swasti Saba Wistara.

“Pimpinan daerah sampai tingkat  bawah semua bekerja bersama untuk mewujudkan impian kita. Kemenangan ini sangat luar biasa,” bebernya.

Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono menuturkan, berbagai inovasi, kemandirian, dan kerja aktif yang dilakukan setiap daerah berbuah hasil. Sehingga, sejumlah Kota/Kabupaten meraih penghargaan swasti saba.

“Selamat kepada Kota/Kabupaten yang mendapatkan penghargaan. Ini hasil kerja keras Bapak dan Ibu beserta semua unsur yang ada didalamnya,” bebernya.

Menurutnya, para kepala daerah telah melakukan kerja nyata. Terutama dalam mewujudkan Indonesia sehat.

“Pemenang hari ini, harus memberikan spirit yang lebih untuk memajukan Indonesia lebih sehat,” pungkasnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email