Bakti Sosial Pemuda Cikaret Bergotong Royong Perbaiki Jalan Gang

oleh -
Warga Kampung Cikaret Kelurahan Babakan, Kecamatan Cibeureum bergotong royong untuk memperbaiki jalan gang yang kondisinya rusak parah.

Wartawan Denny Nurman AJ

Para pemuda dan warga Kampung Cikaret RT 05 RW 06 Kelurahan Babakan, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi turun ke jalan untuk memperbaiki gang yang rusak parah. Mereka bahu-membahu dalam kerja bakti untuk memperbaiki jalan gang yang melintas Kampung Cikaret dengan konstruksi campuran semen dan pasir.

banner 970x90

Guna mewujudkan gerakan sosial itu, warga Kampung Cikaret secara swadaya mengumpulkan dana untuk membeli semen, pasir, batu kerikil, dan menutup biaya angkutan material. Mereka juga menyumbangkan tenaga selama gotong royong tersebut dilaksanakan.

“Jalan gang di kampung kami sudah lama kondisinya rusak parah sehingga tidak nyaman dilalui kendaraan maupun pejalan kaki. Sudah lama jalan ini kondisinya seperti ini, belum tersentuh program pembangunan. Makanya kami bergerak untuk memperbaikinya,” kata koordinator lapangan kerja bakti, Salim Jindan ketika ditemui di tempat kegiatan, Minggu (14/11/2021).

Alhamdulillah, ujar dia, kegiatan kerja bakti berjalan lancar. Pengecoran pun selesai. Namun tentu saja, kata Salim, hasilnya kurang maksimal karena pekerjaan perbaikan jalan ini menggunakan bahan dan peralatan apa adanya. Pengerjaannya secara manual.

“Warga tetap mengharapkan pemerintah turun tangan untuk memperbaiki jalan ini dengan program pembangunan infrastruktur agar hasilnya lebih baik dan permanen,” tutur dia.  

Masyarakat, lanjutnya, sangat bersemangat turun ke lapangan karena fungsi jalan ini sangat vital dan penting. Boleh dikatakan jalan ini tidak pernah mati sepanjang hari, berfungsi sebagai akses yang digunakan oleh warga untuk berbagai keperluan.

“Gang ini dulu pernah diperbaiki melalui program PNPM tahun 2009 sehingga sekarang kondisinya sudah ruksat berat. Pada saat hujan keadaannya menjadi becek dan digenangi air.  Kami mengharapkan Bapak Wali Kota untuk segera memperbaikinya melalui program yang tersedia di Pemkot Sukabumi,” ungkap Salim. (*)

Print Friendly, PDF & Email