Para Insinyur di Sukabumi Didorong Tingkatkan Partisipasi dalam Pembangunan

oleh -
Prosesi pelantikan pengurus PII Kabupaten Sukabumi dan PII Kota Sukabumi periode 2021-2024 di aula Universitas Nusa Putra.

Wartawan Joko Samudro

Nakhoda Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Kabupaten dan Kota Sukabumi periode 2021-2024  mengalami pergantian. Paikun, ST, MT, IPM, kini memimpin PII Cabang Kabupaten Sukabumi. Sementara PII Cabang Kota Sukabumi diketuai oleh Hartono, ST, MT, IPM.

banner 970x90

Keduanya dilantik oleh Ketua PII Wilayah Jawa Barat, Ir. Hisar Pasaribu, M.Sc, Ph.D, IPU di aula Universitas Nusa Putra, Cibolang, Sabtu, 13 Nopember 2021.

Hisar Pasaribu dalam sambutannya menegaskan para insinyur Sukabumi selama ini telah menunjukkan kiprah terbaik dalam mendukung pembangunan di daerahnya. “Ke depan kami berharap para insinyur bisa mengikuti program sertifikasi supaya bisa berkiprah lebih luas dan terus bersinergi dengan banyak pihak termasuk pemerintah daerah sehingga perannya bisa lebih dirasakan masyarakat,” kata dia.

Sementara itu Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri menyambut baik jajaran kepengurusan baru PII. Sebagai organisasi tertua kedua di Indonesia, kata Iyos, PII harus terus berkiprah dalam mendorong percepatan pembangunan di berbagai sektor.

“PII ini memiliki sejarah panjang dalam mendukung pembangunan. Karena itu saya harap para pengurus yang baru dilantik dapat lebih kreatif dan inovatif sehingga mampu menghasilkan karya nyata anak bangsa,” kata Wabup.

Iyos juga meminta jajaran pengurus baru dapat melanjutkan proses kaderisasi insinyur yang lebih berkualitas dengan menitik-beratkan pada peningkatan pengetahuan keinsinyuran dan penguatan etika profesi.

Selain itu, Wabup berharap khususnya PII Kabupaten Sukabumi bisa lebih fokus pada upaya mendongkrak pembangunan di daerahnya. “PII dan pemerintah daerah bisa saling mengisi dan menguatkan tak hanya di bidang rancang bangun, tapi juga di bidang kesehatan, ekonomi, dan pendidikan paska pandemi covid-19,” ujar Iyos.

Di penghujung sambutannya, Wabup meminta kepengurusan PII Kabupaten Sukabumi harus tetap solid dan fokus pada upaya menciptakan produk-produk sains dan tehnologi yang berguna bagi kemajuan pembangunan di Kabupaten Sukabumi. (*)

Print Friendly, PDF & Email