Kapolres Sukabumi Gelar Apel Kesiapan Hadapi Bencana

oleh -
Simulasi penanganan bencana yang digelar tim gabungan di Pos Basarnas Kabupaten Sukabumi.

Wartawan M. Ridwan

Tim gabungan dari unsur Polri, TNI, dan pemda menggelar apel kesiapsiagaan menghadapi bencana alam di Pos Basarnas Kabupaten Sukabumi, Jalan Kiaralawang Palabuhanratu, Sabtu (13/11/2021).  Pada apel yang dipimpin Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah Nawirputra itu, tim gabungan menunjukkan kesiapan untuk menghadapi bencana alam.

banner 970x90

Para peserta apel siaga berasal dari unsur Polres Sukabumi, Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi, Dishub, Damkar, Basarnas, BPBD, Satpol PP, dan relawan. Untuk menunjukkan kesiapan menghadapi bencana, tim gabungan memperagakan simulasi penanganan bencana longsor.

Di lokasi apel siaga tampak hadir Sekda Kabupaten Sukabumi H. Ade Suryaman dan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi Wawan Godawan Saputra.

Ketika memimpin apel, Kapolres Sukabumi mengatakan, tujuan  apel kesiapsiagaan menghadapi bencana ini untuk meningkatkan kesiapan tim dalam mengantisipasi dan  menanggulangi bencana alam di wilayah Kabupaten Sukabumi. 

“Kita mengetahui bahwa wilayah Kabupaten Sukabumi merupakan wilayah yang rawan bencana. Tim gabungan harus selalu siap. Karena itu hari ini dilaksanakan apel kesiapsiagaan bencana untuk mengantisipasi terjadinya bencana,” ujar AKBP Dedy. 

Kapolres berharap kepada seluruh personel yang menjadi peserta apel kesiapsiagaan untuk bisa bergerak lebih cepat dalam menghadapi berbagai kemungkinan dalam menangani bencana alam.

Di lokasi apel siaga, Sekda Kabupaten Sukabumi H. Ade Suryaman mengatakan, kegiatan tersebut sangat penting untuk mengkonsolidasikan  tim yang terlibat dalam penanganan bencana.

“Akhir-akhir ini bencana di Kabupaten Sukabumi terus meningkat, dalam kurun waktu satu bulan ada sekitar 100 kejadian bencana. Dengan persiapan tim yang matang, upaya penanggulangan bencana dapat memberikan hasil yang optimal. Persiapan yang dilakukan hari ini dapat membuat tim lebih terkonsolidasi dan nantinya bisa bergerak secara cepat menuju lokasi bencana,” kata sekda.

Sekda berharap kepada semua pihak terus menjaga kekompakan dan terus berkoordinasi dalam meningkatkan kesiapsiagaan penanggulangan bencana.

Pada kesempatan tersebut Sekda beserta Kapolres Sukabumi memeriksa peralatan dan kesiapan armada penanggulangan bencana. Mereka juga menyaksikan simulasi penanganan bencana oleh tim gabungan. (*)

Print Friendly, PDF & Email