Bupati Paparkan Potensi Sukabumi kepada Wakil Ketua MPR RI

oleh -
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menyerahkan cendera mata berupa batik purwasedar kepada Anggota DPR RI yang juga Ketua DPW PAN Jabar Desy Ratnasari disaksikan Wakil Ketua MPR RI H. Zulkifli Hasan seusai pertemuan di Pendopo Sukabumi.

Wartawan Joko Samudro

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami memberikan cendera mata berupa batik purwasedar dan kopi kolonial kepada Wakil Ketua DPR RI, H. Zulkifli Hasan dalam kunjungan Ketua Umum PAN ke Pendopo Sukabumi. Tanda mata yang diberikan bupati itu tergolong istimewa karena dipetik dari pohon kopi di Kalapanunggal yang ditanam pada masa zaman kolonial penjajahan Belanda.

banner 970x90

Kunjungan Zulkifli ke Pendopo didampingi Anggota DPR RI yang juga Ketua DPW PAN Provinsi Jawa Barat, Hj. Desy Ratnasari.

“Kopi ini merupakan kopi pertama yang ditanaman orang Belanda di Sukabumi. Jadi sudah sangat tua. Sampai sekarang pohonnya masih ada dengan ukuran yang sangat besar. Rasa kopinya enak sekali. Kami sedang membudidayakan kopi kolonial ini,” kata Marwan ketika menerima Zulkifli dan Desy, Jumat (12/11/2021).

Kunjungan kerja pimpinan MPR RI bertujuan untuk membahas potensi di Kabupaten Sukabumi.  Dalam sambutannya, H. Marwan memaparkan berbagai potensi di Kabupaten Sukabumi terutama potensi sumber daya alam (SDA) yang sangat melimpah.

“Potensi alam yang melimpah itu, kami tuangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Sukabumi dengan menampatkan pertanian dan pariwisata sebagai sektor unggulan,” kata Marwan.

Salah satu upaya yang dilakukan Kabupaten Sukabumi dalam peningkatan sektor pertanian dan pariwisata ialah penyelesaian infrastrukturnya, terutama jalan. Pemkab Sukabumi telah membentuk Perumda Agro Sukabumi Mandiri untuk mengoptimalkan penggalain potensi pertanian.

Di tempat yang sama Wakil Ketua MPR RI H. Zulkifli Hasan mengatakan, potensi Kabupaten Sukabumi yang posisinya berdekatan dengan Jakarta sangat luar biasa. Dia berkunjung ke Sukabumi untuk berdiskusi terkait potensi di Kabupaten Sukabumi. Zulkifli mengagumi potensi Kabupaten Sukabumi di sektor pertanian, wisata, tambang, kuliner, dan kerajinan. Potensi tersebut, kata dia, harus terus digali dan dikembangkan. (*)

Print Friendly, PDF & Email