Wali Kota Sukabumi Targetkan Vaksinasi Lansia 60 Persen

oleh -
Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi

Wartawan Joko Samudro

Guna mencapai status PPKM Level 1, Pemkot Sukabumi menargetkan vaksinasi untuk lansia di atas 60 persen. Sampai saat ini capaian vaksinasi untuk warga lansia baru mencapai 47 persen, sedangkan untuk non lansia sudah mencapai di atas 70 persen.

banner 970x90

“Banyak faktor penyebab persentase vaksinasi lansia masih rendah. Salah satunya kesehatan warga lansia. Sebagian lansia dalam kondisi kesehatannya terganggu sehingga tidak dapat menerima suntukan Vaksin Covid-19,” kata Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi kepada wartawan, Rabu (11/11/2021).

Target vaksinasi lansia itu sejalan dengan target terwujudnya PPKM Level 1 di Kota Sukabumi. Fahmi menyatakan, dia bersama jajaran beserta Forkopimda dan masyarakat Kota Sukabumi akan terus berupaya untuk mewujudkan PPKM Level 1. Selama ini upaya untuk mewujudkan level 1 itu terhambat oleh capaian vaksinasi lansia yang masih rendah.

Tim vaksinator, ujar dia, sangat berhati-hati dalam memperlakukan warga lansia untuk mencegah dampak yang tidak diharapkan. Hal ini pun yang mengakibatkan persentase vaksinasi untuk warga lansia relatif rendah.  

Pemkot Sukabumi bersama TNI dan Polri terus melakukan berbagai upaya untuk mendorong peningkatan vaksinasi untuk para lansia. Langkah-langkah yang dilakukan antara lain vaksinasi secara door to door ke wilayah, memberikan santunan bagi lansia yang divaksin, dan layanan antar jemput untuk para lansia. 

Di Kota Sukabumi, jumlah target vaksinasi keseluruhan sebanyak 269.834 orang termasuk lansia sebanyak 27.241 orang. Pencapaian dosis 1 sebanyak 235.185 atau 87,16 persen dan untuk vaksinasi dosis 1 lansia sebanyak 12.768 orang atau 46,87 persen dari target lansia.

Kini Kota Sukabumi berada di zona PPKM Level 2. Sesuai aturan dari pusat,  untuk mengubah PPKM Level 2 menjadi Level 1 syaratnya adalah memiliki capaian total vaksinasi dosis 1 minimal sebesar 70% dan vaksinasi dosis 1 pada lansia mencapai minimal sebesar 60%.

Untuk vaksinasi dosis 1, Kota Sukabumi telah melampaui jumlah minimal level 1,  sedangkan target lansia kurang 13,13 persen atau kira-kira 3.580 orang untuk mencapai 60 persen. Jadi tinggal memvaksin  lansia sebanyak 3.580 orang, Kota Sukabumi akan masuk PPKM Level 1. (*)

Print Friendly, PDF & Email