Wali Kota Melantik Lima Pejabat Eselon II, Yadi Mulyadi Rotasi ke Disnaker

oleh -
Para pejabat yang diambil sumpah jabatan untuk mengisi jabatan baru pada pelantikan yang dipimpin Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi.

Wartawan Joko Samudro

Birokrat senior Beni Haerani mendapat rotasi jabatan dari Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menjadi  Asisten Perekonomian dan Pembangunan (dulu dikenal dengan sebutan Asda II) Setda Kota Sukabumi. Dia menggantikan H. Cecep Mansyur yang mendapat tugas baru sebagai Asisten Pemerintahan (Asda I).  

banner 970x90

Rotasi jabatan itu diputuskan Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi yang melantik para pejabat tinggi pratama atau eselon II di Balai Kota Sukabumi, Kamis (11/11/2021). Fahmi juga merotasi tiga pejabat eselon II lainnya yang dilantik bersama Beni dan Cecep.

Dalam rotasi itu, Cecep menggantikan Tejo Condro Nugroho yang dilantik menjadi Kepala Dinas Porapar. Cecep mengikuti pelantikan secara virtual karena sedang bertugas di luar kantor.

Pejabat lainnya yang dilantik adalah Yadi Mulyadi yang asalnya menjabat Kadis Kominfo dirotasi menjadi Kepala Dinas Naker. Yadi menggantikan Didin Syarifudin yang kini menjabat Kepala DPMPTSP atau menggantikan Beni. 

Setelah proses rotasi lima pejabat itu, di lingkungan Pemkot Sukabumi masih terdapat sejumlah posisi yang belum ada pejabatnya yaitu  Kepala Dinas Dikbud, Kepala Diskominfo, Kepala Bappeda, dan Sekretaris DPRD Kota Sukabumi. Posisi-posisi tersebut masih diisi oleh pelaksana tugas (plt).

Untuk jabatan Kepala Dinas Dikbud, wali kota mengisyaratkan harus diisi oleh pejabat yang paham tentang pendidikan. Hal ini merupakan sinyal kuat, jabatan tersebut akan diberikan kepada birokrat pendidikan.

“Para pejabat yang dirotasi hari ini harus responsif dan siaga dalam menghadapi dan mengantisipasi perkembangan pembangunan,” kata wali kota dalam arahannya.

Jabatan-jabatan yang masih kosong, ujar dia, akan diisi melalui mekanisme seleksi terbuka atau open bidding. Kemungkinan prosesnya mulai pekan depan. “Saya mengharapkan semua jabatan itu sudah terisi semuanya pada bulan Desember,” kata dia.

Selanjutnya BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM) Kota Sukabumi akan segera mengirim surat pengajuan untuk menyelenggarakan seleksi terbuka kepada KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara).

Di tempat yang sama Kepala BKPSDM, Asep Suhendrawan menambahkan sesuai dengan arahan dan target wali kota, jajarannya akan mensukseskan seleksi terbuka agar sebelum tahun 2022 semua kekosongan jabatan sudah terisi.

“Kami akan segera melayangkan surat ke KASN untuk pelaksanaan seleksi terbuka. Insya Allah sesuai instruksi pimpinan, pada akhir Desember semua jabatan sudah terisi,” kata Asep. (*)

Print Friendly, PDF & Email