Wali Kota Imbau Masyarakat Waspada dan Siaga Hadapi Musim Hujan

oleh -
Wali Kota Sukabumi bersama tim penanggulangan bencana ketika meninjau salah satu titik bencana pada Ahad (7/11/2021) sore.

Wartawan Joko Samudro

Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi mengingatkan warga Kota Sukabumi untuk selalu waspada dan siaga menghadapi ancaman cuaca ektrem. Di tengah musim hujan, perubahan cuaca cepat sekali terjadi yang kadang-kadang disertai berbagai fenomena alam yang dapat menimbulkan bencana.

banner 970x90

Pernyataan Fahmi itu disampaikan lewat akun ofisial Wali Kota Sukabumi yang dikutip Senin (8/11/2021). Dia mengatakan, masyarakat harus terus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan bencana di tengah tingginya intensitas hujan.

“Cuaca ekstrem yang melanda di beberapa daerah menjadi perhatian kita semua untuk tetap waspada, termasuk masyarakat di Kota Sukabumi,” ujar wali kota.

Cuaca ekstrem memunculkan bencana yang tidak diduga, lanjut dia, seperti angin kencang, petir, banjir, maupun tanah longsor. Karena itu seluruh lapisan masyarakat harus tetap berada dalam kewaspadaan untuk menghadapi berbagi kemungkinan buruk yang dapat terjadi.

“Longsor, banjir, dan rumah roboh dengan berbagai sebabnya menjadi tiga besar musibah yang dihadapi saat ini. Dibutuhkan kerja sama kita semua dalam menangani dan mengantisipasi musibah ini, bukan sekedar menyalahkan apalagi saling mencaci,” ujar Fahmi.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menyebutkan, hingga Ahad (7/11/2021) pukul 18.00 WIB jumlah lokasi bencana di Kota Sukabumi sepanjang bulan November 2021 mencapai sebanyak 26 titik. Lokasi tersebut tersebar di Kecamatan Gunungpuyuh, Warudoyong, Cikole, Citamiang, dan Cibeureum.

“Dalam penanganan bencana, kami selalu melibatkan sejumlah instansi dan lembaga yakni BPBD, Tagana, Karang Taruna, Sehati, RKS, Damkar, ACT, dan para relawan lainnya,” kata wali kota.

Dia pun mengajak warga untuk memperlakukan lingkungan dengan adil guna mencegah bencana. Salah satunya berdisiplin dalam membuang sampah serta rajin membersihkan lingkungan. (*)

Print Friendly, PDF & Email