Pemkab Sukabumi dan Bank BJB Siap-siap Luncurkan Aplikasi Ojek Desa

oleh -
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menunjukkan kaus berlogo Jekdes untuk perkenalan aplikasi tersebut di kawasan Palabuhanratu.

Wartawan M. Ridwan

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menyebutkan aplikasi Jekdes (Ojek Desa) merupakan implementasi dari penerapan ekonomi kreatif di desa. Kehadiran Jekdes dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi di desa. Karena itu bupati memberikan apresiasi dan akan terus mendorong perkembangan Jekdes di desa-desa di Kabupaten Sukabumi.

banner 970x90

Pernyataan bupati itu disampaikan saat menerima rombongan audiensi Bank BJB Cabang Palabuhanratu di Pendopo Palabuhanratu, Jumat (5/11/2021). Pada pertemuan itu, tuan rumah dan tamunya membahas akselerasi sektor ekonomi dan keuangan daerah melalui digitalisasi di didang ekonomi kreatif. Salah satu materi pembahasannya adalah Jekdes.

Saat ini, Pemkab Sukabumi dan Bank BJB Cabang Palabuhanratu  sedang bersiap-siap untuk meluncurkan Jekdes. Sebelum diperkenalkan di Palabuhanratu, Jekdes telah eksis di kawasan Pajampangan.

Menurut Marwan, Jekdes merupakan aplikasi yang akan membuat masyarakat semakin akrab dengan sistem bisnis digital. Bupati akan mendorong peran pemerintah untuk mengembangkan Jekdes di Kabupaten Sukabumi.

“Kami harapkan Jekdes bisa menjadi penopang pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya di desa pasca pandemi Covid-19,” ujar Marwan.

Sementara Kepala Bank BJB Cabang Palabuhanratu Rachmat Abadi menyebutkan bahwa tujuan audiensi untuk mengembangkan sosialisasi literasi digital desa serta promosi bersama di desa-desa khususnya di kawasan selatan. Salah satunya melalui aplikasi Jekdes. 

“Kami memperkenalkan aplikasi Jekdes ke masyarakat Palabuhanratu setelah Jekdes eksis di Jampang dan Surade,” tutur Rachmat.

Jekdes yang merupakan aplikasi berbasis Android  diluncurkan pada Maret 2020. Dalam operasionalnya Jekdes melayani transportasi, logistik, jasa antar makanan, dan keperluan harian lainnya.

Hingga saat ini, tercatat sebanyak 6.600 pengguna, 330 merchant, dan 112 penyedia jasa ojek perdesaan telah bergabung dengan Jekdes. Jekdes telah beroperasi di  tiga kecamatan yaitu Jampangkulon, Surade, dan Palabuhanratu. (*)

Print Friendly, PDF & Email