Bupati: Kades Harus Cermat dalam Urusan Administrasi

oleh -
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami memberikan arahan kepada para kepala desa dan perangkat desa pada pembukaan bimtek peningkatan kapasitas kepala desa dan perangkat desa.

Wartawan Agus Setiawan

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami meminta dan mendorong para kepala desa untuk memahami segala bentuk aturan yang ditetapkan pemerintah di desa. Dalam hal ini mereka juga harus memahami aspek pengadministrasian dalam penyelenggaraan pembangunan, pengelolaan keuangan desa, dan pelayanan kepada masyarakat.

banner 970x90

Pernyataan bupati itu disampaikan ketika membuka bimbingan teknis (bimtek) peningkatan kapasitas kepala desa dan perangkat desa di Hotel Sukabumi Indah Selabintana, Kamis (4/11/2021). Bimtek berlangsung selama dua hari dengan peserta dari kalangan kepala desa dan perangkat desa. 

“Penguatan administrasi harus dilakukan lebih cermat lagi. Tantangan ke depan tidak gampang. Jadi pelaksanaan program harus didukung oleh sistem administrasi yang baik,” kata Marwan.

Dalam pertanggungjawaban keuangan, hal itu jangan sampai keluar dari alur. Kalau keluar dari jalur, pertanggungjawaban keuangan akan sulit. Makanya, ujar dia, dengan bimtek ini, hal-hal seperti itu jangan sampai terjadi.

Kegiatan bimtek bertema “kita wujudkan pemerintah desa yang partisipatif, akuntabel, transparan guna mewujudkan pemerintah desa dan masyarakat desa yang lebih baik, maju, adil, sejahtera, profesional, dan demokratis”.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Karena tujuannya agar para kepala desa dan perangkat desa bisa lebih paham lagi regulasi,” ujarnya.

Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi Deden Deni Wahyudin menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan para kepala desa dan perangkat desa. Pelatihan bertujuan untuk mewujudkan pemerintahan desa yang lebih baik serta maju.  

“Semoga kegiatan ini memberikan ilmu yang bermanfaat dan bisa mendorong terwujudnya pemerintahan yang lebih baik,” tutur Deden. 

Kegiatan bimtek diikuti sejumlah kepala desa dan perangkat desa, tidak ikut semuanya karena ada desa yang tidak menganggarkan dana untuk mengikuti bintek ini. Sebagian desa itu melakukan refocusing terhadap anggaran desanya. 

Deden mengajak seluruh kepala desa untuk menyukseskan program pemerintah daerah khususnya dalam percepatan capaian vaksinasi di Kabupaten Sukabumi. Apdesi mendukung agar persentase vaksinasi bisa segera mencapai 70 persen. (*)

Print Friendly, PDF & Email