Puluhan Warga Kampung Lemburkolot Tenjoayu Menerima Suntikan Vaksin Pfizer

oleh -
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di madrasah diniyah di RT 02 RW 05 Kampung Lemburkolot, Desa Tenjoayu, Kecamatan Cicurug berjalan lancar.

Wartawan Suryana, S.E.

Vaksinasi bagi warga Kampung Lemburkolot, Desa Tenjoayu, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi disambut dengan antuasias oleh warga di kampung tersebut. Walaupun tempatnya sederhana yakni di madrasah diniyah RT 02 RW 05 Kampung Lemburkolot, warga mengikuti vaksinasi tersebut dengan antusias.

banner 970x90

Pada vaksinasi tersebut, tim vaksinator menggunakan vaksin merek Pfizer yang telah lulus pengujian di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Sebanyak 44 warga mendaftarkan diri untuk mendapatkan suntikan vaksin. Namun tujuh di antaranya mengalami penundaan vaksinasi karena tidak lolos skrining kesehatan yaitu tensi darahnya terlalu tinggi.

“Kegiatan vaksinasi dilaksanakan secara serentak di wilayah Kecamatan Cicurug. Pelaksanaannya di desa masing-masing mulai tanggal 1 November sampai dengan 6 November,” kata ST Sumirah, bidan desa yang bertugas di Desa Tenjoayu ketika ditemui di tempat vaksinasi, Rabu (3/11/2021).

Dalam vaksinasi itu, Sumirah mendapat bantuan tenaga dari Puskesmas Cicurug dan para kader Posyandu Mawar RW 05 di Kampung Lemburkolot. Tim vaksinator menyediakan peralatan dan bahan medis untuk skrining kesehatan dan pelaksanaan penyuntikan Vaksin Covid-19.

Pencocokan data kependudukan oleh kader posyandu pada vaksinasi di Kampung Lemburkolot, Desa Tenjoayu, Kecamatan Cicurug.

Berdasarkan pantuan di tempat vaksinasi, warga yang akan divaksin tidak datang sekaligus. Mereka datang satu per satu atau dalam bentuk rombongan kecil. Dengan demkian di tempat vaksinasi tidak terjadi antrean dan kerumunan orang. Warga yang datang dapat langsung dilayani dan diberi suntikan Vaksin Covid-19.

Semua warga yang datang memakai masker. Mereka menjalani pemeriksaan suhu tubuh sebelum duduk di depan meja pemeriksaan kesehatan dan data kependudukan. Setelah itu mereka mencuci tangan dengan handsanitizer yang disediakan oleh tim vaksinator. Kemudian dilakukan pengukuran tekanan darah dan tanya jawab seputar kondisi kesehatan calon penerima vaksin.

Mereka yang dinyatakan sehat langsung diberi suntikan vaksin. Pasca penyuntikan, warga menunggu sekitar 30 menit untuk diketahui ada tidaknya KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi). Setelah itu, penerima suntikan vaksin dipersilakan meninggalkan tempat vaksinasi.

Vaksinasi berlangsung dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB. Sumirah menyebutkan, vaksinasi di RW 05 dilakukan secara bertahap. Hari ini baru sekitar 40 orang yang divaksin, di hari-hari berikutnya giliran warga yang belum divaksin untuk mengikuti vaksinasi.  

Warga RW 05 Desa Tenjoayu yang juga kader posyandu, Nurminah mengatakan, warga Kampung Lemburkolot menyambut dengan antusias vaksinasi di madrasah sebab lokasinya tidak jauh dari rumah mereka. Selain itu sebagian besar warga sudah memahami pentingnya vaksinasi berkat sosialisasi oleh kader posyandu dan perangkat desa.

“Kesadaran untuk ikut vaksinasi sudah tumbuh di tengah masyarakat karena mereka merasakan dampak pahit dari pandemi Covid-19. Selama ini mereka menunda vaksinasi karena harus berangkat ke puskesmas yang letaknya jauh dari rumah mereka,” jelas Nurminah. (*)

Print Friendly, PDF & Email