Sekda Kunjungi Lokasi Longsor di Cisolempat Parakansalak

oleh -
Sekda Kabupaten Sukabumi H. Ade Suryaman menyerahkan bantuan kepada korban bencana longsor di Kampung Cisolempat Desa Sukakersa, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Joko Samudro

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi H. Ade Suryaman berkunjung ke lokasi bencana longsor di Kampung Cisolempat RT 12 RW 04 Desa Sukakersa,  Kecamatan Parakansalak, Senin (1/11/2021). Dalam kunjungannya itu, sekda memastikan, penanganan longsor di Cisolempat dapat berjalan dengan baik.

banner 970x90

“Penanganan bencana harus dilakukan secara lintas sektor. Kami pastikan penanganan bencana ini dapat berjalan dengan baik,” kata sekda ketika berada di Cisolempat didampingi sejumlah pejabat daerah antara lain Kepala BPBD Kabupaten Sukabumi, Wawan Godawan.

Akibat bencana longsor tiga rumah di Cisolempat mengalami kerusakan dan tiga rumah lainnya dalam posisi terancam. Para keluarga terdampak kini tinggal sementara di tempat yang aman. Longsor terjadi di tengah hujan deras pada Rabu (27/10/2021)kira-kira pukul 18.50 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Kejadian tersebut langsung direspon oleh Pemkab Sukabumi antara lain dengan melakukan evakuasi dan memberikan bantuan sembako kepada 3 warga terdampak. Pemda melalui BPBD juga mengirimkan terpal untuk membantu korban bencana.

“Kami mendapat laporan kejadian pada hari Rabu dan sekarang meninjau lokasi. Sebelumnya sudah ada tindakan penanganan oleh Camat dan BPDD,” ujar Ade.

Rumah yang mengalami kerusakan  akibat longsor ini milik keluarga Dedi (3 jiwa),  Saepuloh (4 jiwa), dan Ramdon (3 jiwa). Sementara tiga rumah lainnya yang berstatus terancam adalah milik keluarga Dedi Suryadi (2 jiwa), Dudi (6 jiwa), dan  Dasep (4 jiwa).

Salah seorang korban longsor yang rumahnya hancur Dedi (60) menyampaikan harapan rumahnya diperbaiki agar dapat ditempati. Dia ikhlas menyerahkan pembangunan rumahnya kepada pemerintah karena dirinya tidak mempunyai dana untuk membiayainya.

“Rumah saya rusak berat. Begitu juga alat-alat rumah tangga hancur dan sebagian terbawa longsor,” ucap Dedi. (*)

Print Friendly, PDF & Email