Bupati Ikuti Webinar Nasional Bersama Bank Indonesia Institute

oleh -
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami (tengah) mengikuti webinar nasional webinar Economic Leadership For Regional Government Leader yang diselenggarakan Bank Indonesia Institute.

Wartawan Joko Samudro

Jajaran Pemkab Sukabumi harus dapat mencari peluang dari berbagai kegiatan seminar dan pertemuan tingkat regional dan nasional. Peluang itu penting untuk mendapatkan metode atau program pemberdayaan masyarakat dan percepatan pemulihan ekonomi di tengah wabah Covid-19. Pasca pandemi ini, para pejabat harus piawai mencari peluang untuk membuat program-program tersebut.

banner 970x90

Hal itu disampaikan Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami setelah mengikuti webinar Economic Leadership For Regional Government Leader  yang diselenggarakan Bank Indonesia Institute yang bekerja sama dengan APKASI, APEKSI, ADKASI, dan ADEKSI, Senin (1/11/2021). Bupati mengikuti webinar tersebut dari Pendopo Sukabumi.  

“Pasca pandemi ini, kita harus bisa mencari peluang, baik investasi maupun peluang lainnya untuk pemberdayaan masyarakat dan pemulihan ekonomi,” ujar bupati.

Webinar yang diikutinya, kata dia, dapat melahirkan pencerahan untuk membuat program pasca pandemi Covid-19.  Di Kabupaten Sukabumi, lanjut Marwan, banyak program yang telah dilakukan untuk mendorong peningkatan ekonomi. Salah satunya dengan fokus terhadap pekerjaan infrastruktur yang berdampak positif bagi masyarakat.

Selain itu bupati meluncurkan program pemberdayaan dan penguatan ekonomi melalui kebijakan yang memerintahkan semua perangkat daerah untuk membeli dan menggunakan produk lokal buatan pelaku usaha mikro kecil dan menengah.  

Webinar dibuka oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo. Temanya “penguatan resilience dan percepatan pemulihan ekonomi”. Dody mengatakan, seminar ini merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi yang baik antara Bank Indonesia Institute dengan empat asosiasi yang menghimpun pemda dan DPRD se-Indonesia. 

“Pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 menjadi PR bersama. Oleh karena itu seminar ini harus menjadi aktivitas diskusi yang membangun. Program ini bisa menjadi tempat sharing terkait alternatif kebijakan dalam pemulihan ekonomi. Pimpinan daerah harus memunculkan pemikiran yang out of the box dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19,” ujar Dody. (*)

Print Friendly, PDF & Email