Bergandengan Tangan, KPU-Kesbangpol Siap Tingkatkan Partisipasi Pemilih

oleh -
Penandatanganan kerja sama peningkatan partisipasi pemilu disaksikan Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi (ketiga dari kiri).

Wartawan Joko Samudro

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan KPU Kota Sukabumi menandatangani perjanjian kerja sama dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih. Penandatanganan perjanjian dilangsungkan di Kantor KPU Kota Sukabumi, Jalan Otto Iskandar Dinata, Selasa (2/11/2021).

banner 970x90

Di tempat kegiatan tampak hadir Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi dan Sekda Dida Sembada serta para pihak yang mewakili lembaga yakni Ketua KPU Kota Sukabumi Sri Utami dan Kepala Badan Kesbangpol Yudi Yustiawan. Hadir pula perwakilan dari KPU Provinsi Jawa Barat.

Kerja sama tersebut meliputi kemitraan dalam rangka meningkatkan kapasitas peran serta dan partisipasi pemilih melalui Program Desa/Kelurahan Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3).

”Kerja sama ini merupakan rangkaian dari persiapan Pemilu 2024. Tujuannya  agar masyarakat terlibat aktif dalam pemilu, partispasi meningkat, dan hasil pemilu dapat dipertanggungjawabkan,” kata Wali Kota setelah menyaksikan penandatanganan kerja sama.

Pada pemilu sebelumnya, ujar dia, partisipasi pemilih di Kota Sukabumi mencapai sekitar 86 persen. Dengan kerja sama ini diharapkannya partisipasi tersebut dapat meningkat.

Sebelumnya KPU Kota Sukabumi bersinergi dengan Pemkot Sukabumi dalam menggagas pilot project DP3 di Kelurahan Gunungparang, Kecamatan Cikole. Fahmi mengharapkan pelaksanaan program DP3 tersebut dapat menjadi inspirasi bagi kelurahan lainnya sehingga partisipasi pemilih menjadi meningkat.

“Kenapa perlu mendorong masyarakat berpartisipasi dalam pemilihan? Karena keberlangsungan pembangunan salah satunya ditentukan dalam pemilu. Semakin tinggi partisipasi pemilih, semakin  tinggi kualitas dari pemilu,” tutur Fahmi.

Kesbangpol dan aparat wilayah, lanjutnya, harus terus melakukan edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya warga terlibat dalam pemilu.  Waktu dua tahun untuk sosialisasi dan edukasi bukan waktu yang panjang. Aparat harus memanfaatkan  waktu yang pendek itu dengan sebaik-baiknya untuk melakukan penyadaran keterlibatan masyarakat dalam pemilu.  

Di tempat yang sama Ketua KPU Kota Sukabumi Sri Utami mengatakan, penekenan kerja sama merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kerja sama KPU dengan Pemkot Sukabumi yang dihadiri Ketua KPU dan Ketua KPU Provinsi Jabar.

”Perjanjian kerja sama ini merupakan turunan dari kerja sama sebelumnya. Kami menjalin kemitraan strategis untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024,” kata Sri.

Sebelumnya, Kota Sukabumi melaunching program DP3 di Balai Kota Sukabumi oleh Ketua KPU Republik Indonesia Ilham Saputra pada akhir bulan September 2021. (*)

Print Friendly, PDF & Email