Puskesmas Sagaranten Menggelar Rapat Evaluasi Vaksinasi Covid-19

oleh -
Kepala Puskesmas Sagaranten (keempat dari kiri) ketika memimpin rapat evaluasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di wilayah Kecamatan Sagaranten.

Wartawan M. Hamjah

UPTD Puskesmas Sagaranten menggelar rapat evaluasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di wilayah Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi. Rapat tersebut diselenggarakan di ruang rapat Puskesmas Sagaranten, Senin (1/11/2021).

banner 970x90

Pada rapat itu hadir seluruh unsur Satgas Covid-19 Kecamatan Sagaranten. Di antara peserta rapat tampak antara lain Kapolsek Sagaranten Iptu Aap Saripudin, S.H.,  Danramil Sagaranten Inf Kapten Enjang, Kasi Trantrib Kantor Kecamatan Sagaranten Idar Darotama, S.E., dan para kepala desa se-Kecamatan Sagaranten. Bertindak selaku tuan rumah Kepala Puskesmas Sagaranten Sudarna.

Semua peserta rapat menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Mereka mengenakan masker dan mencuci tangan sebelum masuk ke ruangan rapat. Para peserta rapat juga mengatur diri di tempat duduk dengan menjaga jarak yang aman dari penyebaran Virus Corona.

Materi yang dibahas pada rapat bermuara pada evaluasi kierja dan upaya penguatan kendali manajemen dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Targetnya vaksinasi dapat dilakukan secara optimal dengan melibatkan semua instansi terkait dan berbagai kalangan masyarakat.

“Arah rapat ini untuk mensolidasikan, mereview, dan mengevaluasi proses pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Sagaranten. Kami akan memperkuat kendali manajemen vaksinasi Covid-19. Semua dibahas sejak dimulai vaksinasi sampai hari ini,” kata Sudarana setelah memimpin rapat.

Dijelaskannya, dari awal vaksinasi  sampai sekarang, jajaran Puskesmas Sagaranten selaku pelaksana vaksinasi menemui banyak hambatan dan tantangan. Terkait dengan itu, semua peserta rapat akan menyikapi hal itu secara konsisten dengan membangun kesepahaman terhadap dinamika yang terjadi di tengah masyarakat.

“Kami menginginkan pelaksanaan vaksinasi bisa berjalan lancar dan produktif sehingga tagret vaksinani di Kecamatan Sagaranten dapat tercapai. Dengan manajemen kendali yang kuat, pelaksanaan vaksinasi dapat menjadi efektif dan efisien,” ujar dia.

Kepala Puskesmas juga menambahkan program vaksinasi ini harus didukung semua kalangan karena merupakan upaya pemerintah dalam rangka pencegahan penyakit menular untuk menurunkan risiko kesakitan dan kematian.

“Puskesmas terus memberikan support sebagai operator vaksinasi yang baik dan konsisten. Kami akan membangun sistem kerja dengan pola yang konsisten terhadap kesepakatan yang tetap mengacu pada aturan,” tambahnya.

Selain itu jajarannya selalu berkoordinasi secara lintas sektoral untuk mensukseskan vaksinasi masal atau vaksinasi gotong royong. 

Sudarna dan jajarannya serta Satgas Covid-19 harus bekerja keras untuk mengejar target vaksinasi 70 persen di wilayah Kabupaten Sukabumi pada akhir tahun 2021. Jumlah sasaran vaksinasi di Kecamatan Sagaraten 42.833 orang. Pencapaian sampai hari ini 12.338 orang (28,8 persen) untuk dosis pertama dan 3.285 orang (7,7 persen).  

Salah seorang tokoh masyarakat di Desa Sagaranten, Suryana mengapresiasi pelaksanaan rapat evaluasi tersebut. Selama ini Satgas Covid-19 di Kecamatan Sagaranten telah menunaikan tugasnya dengan baik kaitannya dengan vaksinasi. Menurutnya, untuk mempercepat pencapaian target vaksinasi, Satgas Covid-19 harus terus meningkatkan koordinasi dan kekompakan.

“Dan jangan lupa, pemerintah juga harus melibatkan masyarakat seluas-luasnya untuk berperan serta dalam vaksinasi Covid-19,” ujar Suryana. (*)

Print Friendly, PDF & Email