Desa Tanjung Dapat Alokasi Renovasi 40 RTLH dari Provinsi, Setengahnya Telah Selesai

oleh -
Rumah milik salah seorang warga yang dibangun dengan dana renovasi RTLH dari Pemprov Jawa Barat.

Wartawan Dicky Sopyan

Desa Tanjung, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi tahun ini mendapat bantuan untuk renovasi RTLH (rumah tidak layak huni) sebanyak 40 unit. Dari target tersebut, sebanyak 20 unit RTLH telah selesai dibangun sesuai dengan pencairan dana dari pemberi bantuan yakni Pemprov Jabar.

banner 970x90

“Kami siap menyelesaikan renovasi 40 unit RTLH yang didanai provinsi. Sampai sekarang setengahnya telah selesai dan bisa ditempati,” kata Kepala Desa  Tanjung  Dasep Taufikul hikmah S.Ag., Senin (1/11/2021).

Kades bersyukur atas lancarnya pelaksanaan kegiatan renovasi 20 RTLH. Itu artinya para penerima bantuan dan masyarakat dapat memanfaatkan dana bantuan dengan sebaik-baiknya. Masyarakat memberikan bantuan dalam bentuk tenaga secara gotong royong. 

Ketua LPM Desa Tanjung Wahyu (kedua dari kiri) bersama kadus dan perangkat desa di salah satu lokasi renovasi RTLH.

Dana bantuan untuk tiap RTLH  besarnya Rp17,5 juta yang dianggarkan untuk bahan bangunan sebesar Rp16,5 juta, upah tukang sebesar Rp700 ribu, dan operasional LPM sebesar Rp 300 ribu. Bantuan tersebut disalurkan oleh Dinas Perkim Provinsi Jabar.

Karena bantuan sifatnya stimulan, ujar Dasep, dalam proses pembangunan RTLH penekanannya pada partisipasi masyarakat. Syukurlah, kata dia, kepedulian masyarakat terhadap program tersebut sangat tinggi sehingga target pembangunan RTLH dapat tercapai.

Selaku kepala desa, Dasep mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Jabar yang telah menyalurkan bantuan renovasi RTLH dan Pemkab Sukabumi yang memfasilitasi penyalurannya. Dia juga mengapresiasi warganya yang telah membantu pembangunan RTLH.

Didi warga Kampung Cidangder  RT 05 RW 04 Desa  Tanjung masuk dalam daftar penerima bantuan. Kini rumahnya sudah layak huni dan pantas sebagai tempat tinggal.

“Saya bersama keluarga menghaturkan terima kasih kepada Pak Kades dan LPM yang telah berjuang untuk pencairan bantuan untuk merenovasi rumah. Alhamdulillah, saya sekarang memiliki rumah yang layak sebagai tempat tinggal,” ungkap  Didi. (*)

Print Friendly, PDF & Email