Pemkab Sukabumi Kerahkan Sumber Daya untuk Mencapai 70 Persen Vaksinasi

oleh -
Sekda Kabupaten Sukabumi H. Ade Suryaman (berdiri paling kiri) ketika memimpin monitoring vaksinasi di SDN Perbawati di Desa Perbawati Kecamatan/Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Joko Samudro

Pemkab Sukabumi akan mengerahkan semua sumber daya dan segala upaya untuk mewujudkan target 70 persen vaksinasi dari sasaran. Target ini dikejar dalam rangka menurunkan level risiko penyebaran Covid-19 dari PPKM level 3 ke level 2 dan seterusnya level 1, bahkan menjadi zona hijau.

banner 970x90

Penegasan itu disampaikan Sekda Kabupaten Sukabumi H. Ade Suryaman ketika memimpin monitoring vaksinasi di SDN Perbawati di Desa Perbawati Kecamatan/Kabupaten Sukabumi, Sabtu (30/10/2021). Dalam upaya mencapai target tersebut, kata sekda, pemda juga melibatkan berbagai kalangan masyarakat.

Vaksinasi di SDN Perbawati berjalan tertib dan lancar. Para pesertanya berasal dari warga yang tinggal di sekitar lingkungan sekolah tersebut. Selama berada di tempat vaksinasi, mereka mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan handsanitizer yang disediakan oleh penyelenggara. 

“Kami juga memonitor pelaksanaan pemeriksaan kesehatan dijalankan sesuai prosedur yang berlaku. Monitoring ini juga dalam rangka mempercepat capaian vaksinasi di Kabupaten Sukabumi. Kami menngecarkan vaksinasi untuk mencapai target 70 persen pada akhir tahun 2021. Sampai saat ini baru di kisaran 50 persen,” kata sekda.

Semua perangkat daerah turun ke lapangan untuk percepatan vaksinasi ini, lanjut dia. Begitu juga semua sektor turut dilibatkan untuk mempercepat terbentuknya kekebalan komunal di masyarakat. Hal itu termasuk meminta bantuan sejumlah pihak dalam membantu sosialisasi vaksinasi kepada masyarakat.

“Kami juga menyelenggarakan vaksinasi secara door to door untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Salah satu organisasi yang diminta bantuan untuk mensosialisasikan vaksinasi di SDN Perbawati adalah Himpunan Pengemudi Pemerintah Kabupaten Sukabumi Sukabumi (HPPKS) yang merupakan tempat berhimpun para sopir pejabat dan unit kerja di Pemkab Sukabumi. Sosialisasi yang dilakukan kalangan driver para pejabat itu digelar dalam rangka peringatan hari jadi pertama HPPKS.

Ketua HPPKS Dede Sudrajat menyatakan, dia bersama rekan-rekannya merasa terpanggil untuk mensosialisasikan vaksinasi ke tengah masyarakat. Langkah ini merupakan bentuk pengabdian anggota HPPKS dalam rangka mewujudkan kekebalan kelompok di Kabupaten Sukabumi guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (*)

Print Friendly, PDF & Email