Radio Citra Lestari Siarkan Jaksa Menyapa dari Kejari Kabupaten Sukabumi

oleh -
Dialog interaktif pada program Jaksa Menyapa yang disiarkan secara langsung oleh RPPL Citra Lestari 98 FM.

Wartawan Joko Samudro

Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Citra Lestari 98 FM kembali menyiarkan program Jaksa Menyapa secara live. Melalui program ini, radio milik Pemkab Sukabumi tersebut menyajikan tema siaran “Mengenal Lebih Dekat Kasi Pidum dan  Kasi Pidsus Kejari Kabupaten Sukabumi”.

banner 970x90

Acara tersebut mengudara dari aula Kejari (Kejaksaan Negeri) Kabupaten Sukabumi, Jalan Raya Karangtengah, Cibadak, Jumat (29/10/2021).

Formatnya dialog interaktif dengan narasumber tiga pejabat Kejari Kabupaten Sukabumi yaitu Kasi Intelijen, Aditia Sulaeman, S.H.; Kasi Tindak Pidana Umum (Pidum), Dimas Indra Gunawan, S.H., M.H.; dan Kasi Tindak Pidana Khusus (Pidsus), Ratno Timur Habaehan Pasaribu, S.H., M.H..

Dialog interaktif  yang dipandu oleh Camelia Norin, Jhordy Rezaldy, dan Azka Perdana dari Citra Lestari 98 FM ini bertujuan untuk memperkenalkan profil Kasi Pidum dan Kasi Pidsus yang baru menjabat pada bulan Agustus 2021 kepada masyarakat.

Dimas Indra Gunawan menyampaikan bahwa dirinya sangat antusias dalam menjalankan tugasnya. Karena selama kurang lebih 3 bulan dia bisa berdialog secara langsung dengan masyarakat dan melakukan konsultasi hukum di bidang pidana umum.

“Banyak masyarakat yang melakukan konsultasi hukum. Hal ini menunjukkan antusiasme dan semangat masyarakat sadar hukum  yang patut diapresiasi. Saya mengajak masyarakat untuk datang ke kejaksaan dengan perasaan nyaman tanpa harus karena berperkara,” kata Dimas. 

Sementara Kasi Tindak Pidana Khusus Ratno Timur  menambahkan bahwa program Jaksa Menyapa sangat penting untuk melakukan sosialisasi hukum kepada masyarakat melalui pemanfaatan media radio. Di tengah pandemi Covid-19, sosialisasi lewat radio lebih aman dan sesuai protokol kesehatan.

“Sosialisasi melalui radio ini untuk menginformasikan berbagai produk layanan  di KejaksaanNegeri Kabupaten Sukabumi,” ujarnya.

Di tempat yang sama Aditia Sulaeman, S.H. selaku Kasi Intel  menjelaskan Kejari Kabupaten Sukabumi telah mengembangkan berbagai inovasi atau produk pelayanan. Salah satunya konsultasi dan penyuluhan hukum gratis untuk masyarakat.

“Berbagai inovasi telah kami lakukan.  Inovasi ini sebagai kebijakan Kepala Kejari Kabupaten Sukabumi. Inovasi tersebut antara lain Jaksa Bina Desa, Jaksa Menyapa, Jaksa Masuk Sekolah, dan masih banyak program yang akan kami laksanakan,” kata Aditia. 

Selama ini Jaksa Menyapa menjadi salah satu program unggulan LPPL Citra Lestari 98 FM yang mendapat atensi luar biasa dari publik. Masyarakat sangat antusias mengajukan pertanyaan melalui telepon, WhatsApp, dan SMS kepada narasumber.

Di akhir sesi siaran dialog interaktif Jaksa Menyapa, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha yang juga hadir di Kejari menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap dialog interaktif tersebut.

“Saya sangat mendukung program ini karena sangat bermanfaat bagi masyarakat. Kami harapkan program seperti ini bisa diikuti oleh seluruh perangkat daerah di lingkup Pemerintah  Kabupaten Sukabumi,” kata Eka. (*)

Print Friendly, PDF & Email