BNNK Sukabumi Sosialiasikan P4GN kepada Nelayan

oleh -
Kegiatan sosialisasi P4GN dengan peserta para nelayan bertempat di kawasan pantai Ujunggenteng Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Joko Samudro

Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sukabumi menggelar  sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) kepada kalangan nelayan di Ujunggenteng, Jumat (29/10/2021). Tujuan sosialisasi untuk menumbuhkan kesadaran para nelayan agar mereka berperan serta dalam pemberantasan narkoba di kawasan pesisir.

banner 970x90

Pada kegiatan itu, BNNK Sukabumi melibatkan Duta Anti Narkoba Kabupaten Sukabumi dengan peserta puluhan nelayan yang sehari-hari mencari rezeki di kawasan pesisir Pajampangan.  Kegiatan sosialisasi P4GN dikemas dalam bentuk insert konten dalam rangka pencegahan narkoba di pesisir, khususnya Ujunggenteng Sukabumi. 

Dalam kegiatan itu para narasumber, nelayan, dan Duta Anti Narkoba bersama-sama menggelorakan tekad War on Drugs, perang terhadap narkoba. Mereka siap melaksanakan langkah-langkah yang tercakup di dalam P4GN.

Sub Koordinator Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNK Sukabumi,  Reni Marliani Iska, M.Si. mengatakan, kegiatan yang digelarnya merupakan salah satu bentuk antisipasi masuknya narkoba jenis baru ke wilayah Sukabumi, umumnya Indonesia. Kawasan pesisir sering dijadikan jalur pengiriman narkoba dan laut ke darat.  

“Karena itu sebagai langkah antisipatif di wilayah Ujunggenteng, kami menyelenggarakan sosialisasi ini untuk mengupayakan pendekatan menyeluruh, baik dari sisi pencegahan secara masif maupun edukasi tentang bahaya narkoba,” kata Reni.

Edukasi tentang bahaya narkoba harus dilakukan sedini mungkin yang dikaitkan dengan pendidikan agama. Ada pula sisi rehabilitasi bagi mereka yang telah terlanjur menyalahgunakan narkoba.

“Upaya pemberantasan tetap diupayakan guna memutus rantai peredaran gelap narkoba dengan menitikberatkan pada pengawasan wilayah-wilayah pesisir pantai yang diduga dijadikan jalur masuk peredaran narkoba,” tambahnya.

Bersamaan dengan itu, BNNK Sukabumi memberikan pemahanan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba untuk mendorong terwujudnya Nelayan Bersih Narkoba (Bersinar).

“Kami bersama Duta Anti Narkoba Kabupaten Sukabumi akan terus bersinergi guna mencapai Kabupaten Sukabumi yang bersih dari narkoba,” kata Reni. (*)

Print Friendly, PDF & Email