Pondok Pesantren Dapat Mendorong Terwujudnya Kabupaten Sukabumi yang Religius

oleh -
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengharapkan peran serta pondok pesantren dalam upaya mewujudkan visi Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Joko Samudro

Pondok pesantren dapat berperan sangat penting dalam upaya mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang religius, maju, dan inovatif menuju masyarakat sejahtera lahir batin. Sebagai lembaga pendidikan Islam, pesantren dapat memberikan kontribusi yang besar dalam mencapai visi Kabupaten Sukabumi tersebut.

banner 970x90

Hal itu dikatakan Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami ketika menghadiri pelantikan dan pengukuhan pengurus Forum Pondok Pesantren (FPP) Kabupaten Sukabumi periode 2021-2026 di Pendopo Sukabumi, Selasa (19/10/2021). Bupati juga akan terus mendorong pondok pesantren agar dapat meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Sukabumi.

“Selain membantu Pemerintah Kabupaten Sukabumi  dari sisi religius, pesantren pun mampu mendorong penguatan dan peningkatan kualitas serta kuantitas SDM di Kabupaten Sukabumi. Kami yakin keberadaan FPP ini dapat menjadi jembatan antara pemerintah dengan seluruh pondok pesantren yang ada di Kabupaten Sukabumi,” tutur bupati. 

Pada kesempatan itu, bupati meminta bantuan serta dukungan para kyai, ustadz, dan ustadzah yang tergabung di dalam FPP untuk ikut serta dalam program percepatan vaksinasi di Kabupaten Sukabumi. Pemkab Sukabumi menargetkan pencapaian vaksinasi harus di atas 80 persen sasaran pada akhir Desember 2021 untuk mewujudkan herd immunity dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 

“Vaksinasi ini berdampak besar terhadap level di PPKM. Jadi saya memohon bantuan para kyai, ustadz, dan ustadzah. Kalau ada pondok pesantren yang mau mengadakan vaksinasi, hal itu bisa dikomunikasikan dengan forum dan dinas terkait. Saya ucapkan terima kasih juga kepada pondok pesantren yang telah melaksanakan vaksinasi,” ujar bupati.

Di tempat yang sama Ketua FPP Kabupaten Sukabumi KH. Aang Munjin Hidayatulloh mengatakan, forum yang dipimpinnya hadir untuk menyatukan seluruh pesantren yang ada di Kabupaten Sukabumi. Sehingga semua pesantren bisa sejalan dalam mencapai visi-misi yang sama.

“Kita bersatu agar pesantren maju dan mendorong Pemerintah Kabupaten Sukabumi lebih barokah,” kata Kiai Aang. 

Dia juga meminta dorongan dan arahan semua pihak agar keberadaan FPP Kabupaten Sukabumi bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Kiai Aang mengharapkan FPP bisa terus bersatu serta dalam menjalankan program dan kegiatannya selaras dengan program pemda. (*)

Print Friendly, PDF & Email