Mengganas, Maling Mencuri Dua Motor Selang Satu Hari di Curugkembar

oleh -
Petugas dari Unit Reskrim Polsek Curugkembar ketika melakukan olah TKP dan pemeriksaan lapangan di tempat pencurian sepeda motor di Kampung Puncaktamiang, Desa Curugkembar.

Wartawan M. Hamjah

Maling sepeda motor di wilayah Kecamatan Curugkembar Kabupaten Sukabumi bergentayangan. Dalam kurun dua malam berturut-turut, kelompok pencuri motor menjalankan aksi jahatnya di Kampung Cimanggu Hilir dan Kampung Puncaktamiang Desa Curugkembar, Kecamatan Curugkembar. Dua unit sepeda motor lenyap digondol maling tersebut selang satu hari.

Kejadian pertama di Kampung Cimanggu Hilir, pada Sabtu (16/10/2021) malam, kelompok mencuri membawa lari sepeda motor jenis Vixion milik Samsu. Sewaktu maling beraksi, Samsu sedang bertamu ke tetangga masih satu kampung. Dia pulang kira-kira menjelang tengah malam, sekitar pukul 24.00 WIB.

Ketika pulang ke rumahnya, Samsu tidak melihat sepeda motor yang terparkir di teras. Dia menyimpulkan maling dibawa maling. Sepeda motor tersebut dalam kondisi dikunci, tapi pencuri masih bisa membawanya. Rupanya pencuri memanfaatkan posisi rumah Samsu yang terletak pinggir jalan raya.

Pencurian kedua terjadi pada Minggu (17/10/2021) malam di Kampung Puncaktamiang yang berjarak sekitar 1 kilometer dari Kampung Cimanggu Hilir. Di kampung ini, pencuri membawa lari sepeda motor jenis Honda Beat milik Indra. Motor Indra bisa diembat dalam posisi terkunci stang. Indra harus rela kehilangan sepeda motor bernopol F 2041 UBP  miliknya.

Berdasarkan jejak yang ditinggalkan pencuri, para maling itu masuk ke dalam rumah Indra dengan mencongkel jendela. Lalu pencuri mengambil sepeda motor dan membuka pintu dari dalam rumah. Posisi rumah Indra yang berada di pinggir jalan raya memudahkan para pencuri untuk membawa lari motor yang dicurinya.

“Malam itu saya lagi di luar rumah. Di rumah hanya ada istri saya. Sepeda motor diketahui hilang ketika istri saya bangun mau shalat Shubuh,” kata Indra kepada wartawan, Senin (18/10/2021).

Kanit Reskrim Polsek Curugkembar, Bripka Ade Kosasih, S.H.  menuturkan, menghadapi aksi pencuri motor, masyarakat diminta tetap tenang dan waspada. Jajaran kepolisian akan meningkatkan patroli oleh petugas berseragam maupun tidak berseragam di titik-titik rawan terjadi kejahatan.

“Kami juga  tidak akan segan-segan melakukan tindakan tegas terukur kepada para pelaku kejahatan pencuri sepeda motor,” kata Bripka Ade ketika melakukan olah TKP di Kampung Puncaktamiang.

Dia juga menghimbau masyarakat agar selalu hati-hati dan cermat dalam menyimpan harta benda. Kepada pemilik sepeda motor, Bripka Ade menyarankan mereka selalu memasang kunci ganda dan mencabut kunci motor dari lubangnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email