Komite Sekolah Didorong untuk Tingkatkan Kapasitas untuk Jalankan Fungsinya

oleh -
Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri (tengah) bersama Dewan Pendidikan dan para pengurus komite sekolah yang mengikuti pembinaan tingkat Kabupaten Sukabumi.

Wartawan M. Ridwan  

Komite sekolah merupakan badan yang bersifat mandiri dalam arti tidak mempunyai hubungan hierarkis dengan sekolah maupun lembaga pemerintah lainnya yang menangani urusan pendidikan. Oleh karena itu komite sekolah dan lembaga pendidikan memiliki kemandirian masing-masing dengan hubungan sebagai mitra yang harus bersinergi sejalan dengan konsep manajemen berbasis sekolah (MBS).

Dengan MBS, komite sekolah dapat menunjukkan peran sertanya dalam memajukan pendidikan. Berdasarkan status dan posisinya, komite sekolah dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dalam konsep MBS.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri  ketika meresmikan pembinaan bagi pengurus komite sekolah tingkat SD dan SMP se-Wilayah 1 dan 6 di Gedung Prinanda Palabuhanratu, Sabtu (16/10/2021).

Pelatihan diikuti 80 peserta dari berbagai kecamatan di wilayah 1 dan wilayah 6. Penyelenggaranya Dewan Pendidikan Kabupaten Sukabumi.

“Kami harapkan semua peserta dapat menjadikan pembinaan ini sebagai ajang untuk meningkatkan kapasitas diri dan menguatkan kemampuan dalam menjembatani kepentingan sekolah, pemerhati pendidikan, pemerintah, dan masyarakat,” ujar Iyos.

Komite sekolah, lanjut dia, harus dapat menjalankan peran dan fungsi dengan lebih baik serta mampu berkontribusi dalam perencanaan, penyusunan anggaran, dan pengawasan terhadap jalannya penyelenggaraan pendidikan di sekolah. 

Sementara di tempat yang sama Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Dadang Sidik menjelaskan, kegiatan yang digelarnya merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di masa pandemi. Hal ini terkait dengan salah satu tugas dan fungsi Dewan Pendidikan yaitu mewujudkan pendidikan yang lebih baik. 

“Melalui pembinaan ini, kami mendorong pengurus komite sekolah untuk meningkatkan kapasitasnya,” tutur Dadang. (*)

Print Friendly, PDF & Email