Vaksinasi di Kampung Kaliastana Dikawal Bhabinkamtibmas Desa Prianganjaya

oleh -
Pelaksanaan vaksinasi di Kampung Kaliastana RT 002 RW 001 Desa Prianganjaya, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi dikawal Bhabinkamtibmas Desa Prianganjaya Bripka Didi Dwi Purnomo.

Wartawan Joko Samudro

Warga Kampung Kaliastana RT 002 RW 001 Desa Prianganjaya, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi antuasis mengikuti vaksinasi Covid-19 yang digelar secara door to door, Jumat (15/10/2021). Vaksinasi tersebut mendapat pengawalan dari Bhabinkamtibmas Desa Prianganjaya Bripka Didi Dwi Purnomo dan Ketua RT 002 Surya.

Pada vaksinasi itu, tim vaksinator yang dilibatkan adalah tenaga kesehatan (nakes) dari Puskesmas Sukalarang yang hadir bersama pendamping PKH Kecamatan Sukalarang, Yusi. Semua warga mendapatkan suntikan Vaksin Covid-19 untuk dosis pertama.  

Selama vaksinasi, warga, tim vaksinator, dan tim monitoring menerapkan protokol kesehatan. Semuanya mamakai masker dan mencuci tangan setelah vaksinasi. Mereka juga menjaga jarak yang cukup untuk menghindari kerumunan sesuai aturan PPKM level 3 yang berlaku di wilayah Kabupaten Sukabumi.

“Alhamdulillah vaksinasi berjalan lancar, masyarakat menyadari pentingnya vaksinasi untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Warga sangat antusias mengikuti vaksinasi ini,” kata Bripka Didi.  

Vaksinasi dilakukan di rumah Surya selaku ketua RT. Sedangkan khusus untuk warga lansia, vaksinasi dilakukan dengan sistem jemput bola ke rumahnya masing-masing. Tim vaksinator yang mendatangi rumah akseptor vaksin Covid-19.  

“Faktor kesulitan untuk vaksinasi bagi lansia diatasi dengan cara door to door. Umur mereka antara 60 dan 70 tahun,” jelas Bhabinkamtibmas.

Sebelum divaksin, para peserta mengikuti skrining kesehatan. Mereka yang mengalami gangguan kesehatan atau memiliki penyakit bawaan (komorbid) ditunda vaksinasinya.   

Total warga yang menerima suntikan vaksin di RT 002 Kampung Kaliastana sebanyak 26 orang dengan rincian lansia 12 orang dan warga pralansia 14 orang. Didi bersama tim vaksinator dan tim monitoring akan melanjutkan vaksinasi ke RT-RT lainnya di wilayah Desa Prianganjaya.

“Kami terus mengupayakan agar persentase warga yang divaksin mencapai sekitar 70 persen dari jumlah warga yang terdaftar sebagai calon akseptor Vaksin Covid-19,” jelas Didi. (*) 

Print Friendly, PDF & Email