Legislatif dan Eksekutif Sepakat Optimalkan Pelaksanaan Program CSR

oleh -
Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, H. Ade Suryaman ketika mengikuti rapat kerja dengan agenda pembahasan tanggung jawab sosial perusahaan.

Wartawan Joko Samudro

Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi bersama Sekda Kabupaten Sukabumi H. Ade Suryaman menggelar rapat kerja dengan agenda pembahasan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Kemitraan, dan Bina Lingkungan (TJSPKBL) atau lebih populer dengan sebutan CSR (corporate social responsibility). Pada rapat itu, legislatif dan eksekutif sepakat untuk mengoptimalkan pelaksanaan program CSR oleh perusahaan.

Raker diselenggarakan di aula Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Cikembang, Rabu (13/10/2021). Pembahasan raker fokus pada upaya mengoptimalkan kesanggupan perusahaan yang berdomisili di Kabupaten Sukabumi dalam memenuhi kewajibannya yakni melaksanakan program CSR untuk kesejahteraan masyarakat. 

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi yang juga menjabat koordinator Komisi II, Yudi Suryadikrama menyampaikan, jangan sampai di Kabupaten Sukabumi ada perusahaan yang tidak menjalankan peraturan daerah yang mengatur tentang CSR yaitu Perda Nomor 6 Tahun 2014 tentang TJSPKBL. Semua korporasi harus tunduk dan taat pada perda tersebut.

“Perda yang terkait dengan CSR digagas untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat yang dapat dilakukan oleh perusahaan. Karena itu program CSR harus sesuai dengan program Pemkab Sukabumi,” ujar Yudi. 

Selanjutnya, politisi PDI Perjuangan itu menyebutkan bahwa kontribusi terhadap pembangunan yang berkelanjutan oleh perusahaan melalui program CSR sangat bermanfaat bagi kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat. Karena itu Yudi mendorong kalangan perusahaan untuk menunaikan tanggung jawab sosialnya.

Di tempat yang sama, Sekda Ade mengatakan, tanggung jawab sosial merupakan komitmen perusahaan untuk berperan serta membangun ekonomi berkelanjutan yang dilaksanakan oleh perusahaan sendiri, komunitas, atau masyarakat. Tujuannya untuk meningkatkan pembangunan di bidang sosial, pendidikan, kesehatan, bina lingkungan, ekonomi, infrastruktur, dan bina keagamaan. 

Terkait TJSPKBL, Pemkab Sukabumi telah membentuk Tim Fasilitasi dan Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan. Pemda, ujar sekda, telah mensosialisasikan pelaksanaan TJSPKBL serta pembentukan tim dan forum tersebut.

“Program CSR  merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh perusahaan. Semua perusahaan harus mentaati perda tentang tanggung jawab sosial perusahaan,” kata Ade. (*)

Print Friendly, PDF & Email