Kades Cibunarjaya Bahagia, Musrenbang 2023 dan Penetapan RKPD 2022 Berjalan Lancar

oleh -
Pelaksanaan Musrenbangdes tahun 2023 dan penetapan RKPD tahun 2022 di aula Desa Cibunarjaya berjalan lancar dan sesuai target.

Wartawan Joko Samudro

Pemerintah Desa Cibunarjaya, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi sukses menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun 2023 dan Penetapan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDesa) tahun 2022. Dua agenda penting itu diselenggarakan di Aula Balai Desa Cibunarjaya, Kamis (14/10/2021).

Musrenbang dan penetapan RKPDes dihadiri Camat Ciambar Hj. R. Riny Zuraidah Zakhroh, S.H., M.M., Sekmat Ciambar Firman Alamsyah, Babinsa Serka Supriyono, Bhabinkamtibmas Aipda M. Chusairi, seluruh unsur lembaga desa, para ketua RW, ketua RT, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Kepala Desa Cibunarjaya Ujang Suhanto bertindak selaku tuan rumah.

“Kami merasa bahagia dan lega karena dapat menyelenggarakan Musrenbangdes untuk tahun 2023 jauh-jauh hari. Hal ini kami lakukan agar perencanaan pembangunan untuk dua tahun yang akan datang dapat lebih matang dan memenuhi harapan masyarakat,” kata Ujang.

Kebahagiaan Ujang menjadi dobel karena rapat yang dipimpinnya juga bisa menetapkan RKPDes  tahun 2022. RKPDes, ujar dia, merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa untuk jangka waktu 1 (satu) tahun. Dokumen RKPDesa menjadi dasar dalam penyusunan APBDes.

“Jadi desa kami telah memiliki dokumen untuk membuat APBDes tahun anggaran 2022. Itulah mengapa kami sangat berbahagia setelah mengikuti musyawarah hari ini,” ungkap Kades Ujang.

Kepala Desa Cibunarjaya Ujang Suhanto (paling kanan) dan Camat Ciambar Hj. R. Riny Zuraidah Zakhroh, S.H., M.M. (kedua dari kanan) pada kegiatan Musrenbangdes tahun 2023 dan penetapan RKPD tahun 2022.

Mudah-mudahan, lanjut dia, dalam melaksanakan RPJM dan RKPDes tahun 2022, dia dan jajarannya tidak menemui hambatan yang berarti. Ujang menyadari, dalam praktiknya, proses pemenuhan kebutuhan masyarakat agar sesuai dengan target yang ditentukan dalam RPJM Desa dan RKPDesa menghadapi banyak kendala.

“Hal tersebut tentu saja tidak terlepas dari kelemahan dan kekurangan kami yang masih membutuhkan arahan dan bimbingan serta pembinaan dari pihak-pihak terkait,” tutur Ujang.

Bersama masyarakat, dia berupaya dan berjuang dengan sekuat tenaga untuk menghadapi dan mengeliminir hambatan-hambatan tersebut. Ujang yakin, pembangunan di desa yang dipimpinnya dapat berjalan lancar dengan dukungan dan peran serta masyarakat serta arahan dari pemerintah. (*)

Print Friendly, PDF & Email