Pemerintah Pusat Perhatikan Pemberdayaan Ekonomi di Kawasan Geopark

oleh -
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menyampaikan paparan seputar kemajuan Geopark Ciletuh Palabuhanratu di depan tim revalidasi dari Pusat Survei Geologi.

Wartawan Joko Samudro

Pemerintah pusat yang dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sangat memperhatikan pemberdayaan ekonomi di sekitar kawasan geopark termasuk Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Sebab pemberdayaan ekonomi dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang tinggal di geopark dan sekitarnya.

Hal itu dikatakan Kepala Pusat Survei Geologi Kementerian ESDM, Dr. Ir. Hendra Gunawan saat berdialog dengan Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami dalam kunjungannya bersama tim ke Pendopo Sukabumi, Senin (11/10/2021).

Tujuan kunjungan Hendra dengan tim dalam rangka revalidasi Ciletuh- Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGGp). Revalidasi ini untuk mengetahui keadaan terkini CPUGGp setelah dinyatakan sebagai warisan dunia di bawah pengawasan UNESCO.  

“Pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat yang tinggal di kawasan geopark menjadi perhatian Pak Menteri ESDM. Pemberdayaan ekonomi memang harus diperhatikan dan didorong untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Hendra.

Terkait dengan hal itu, ujar dia, dirinya berangkat ke Sukabumi untuk melakukan revalidasi CPUGGp bersama tim yang dipimpinnya. Kementerian ESDM, kata dia, memberikan perhatian khusus pada kegiatan revalidasi tersebut.

Saat menerima tim dari Pusat Survei Geologi, Bupati Sukabumi mengatakan, perkembangan Geopark Ciletuh Palabuhanratu sekarang ini menunjukkan kemajuan yang cukup pesat. Bahkan, keberadaan CPUGGp telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama dari sisi pemberdayaan ekonomi.

“Pemerintah daerah mendorong kemajuan kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang tersebar di delapan kecamatan khususnya pada segi pemberdayaan masyarakat dan ekonominya,” ujar Marwan.

Selama ini Pemkab Sukabumi terus berkolaborasi dengan berbagai stakeholder dalam mendorong kemajuan CPUGGp. Hal ini dilakukan mengingat potensi sumber daya alam di Kabupaten Sukabumi sangat banyak dan dapat dikembangkan untuk menarik wisatawan datang ke Sukabumi. 

CPUGGp, lanjut dia, telah menjadi ikon Jawa Barat di bidang pariwisata untuk wilayah selatan dengan dukungan berupa tersedianya Pusat Informasi Geologi di Palabuhanratu.

“Kami akan terus dorong untuk pengembangan geopark. Kami telah siap menghadapi revalidasi geopark,” tutur Marwan. (*)  

Print Friendly, PDF & Email