Pemdes Munjul Salurkan BLT Dana Desa Tahap ke-9

oleh -
Kepala Desa Munjul Eman Sulaeman (kedua dari kiri) bersama salah satu penerima BLT Dana Desa dan tim monitoring.

Wartawan Joko Samudro

Pemerintah Desa (Pemdes) Munjul, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat sukses menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) tahap ke-9 untuk bulan September 2021. Penyaluran BLT DD tersebut sesuai dengan ketentuan dari pemerintah dan pelaksanaannya memenuhi aturan protokol kesehatan.

“Kami memberikan BLT dari Dana Desa kepada warga yang berhak menerimanya yakni mereka yang terdampak wabah Covid-19,” kata Kepala Desa Munjul, Eman Sulaeman di tengah pembagian BLT tahap ke-9, Jumat (24/9/2021).

Pembagian BLT DD dilaksanakan di aula balai Desa Munjul dengan dimonitoring oleh Babinsa Serda Edi Sukoyo dan Bhabinkamtibmas Desa Munjul Aipda M. Chusairi, serta unsur BPD Munjul. Hadir pula para ketua RW dan ketua RT.

Secara simbolis Kades Eman Sulaeman menyerahkan BLT DD tahap ke-9 tahun 2021 kepada salah satu penerima manfaat. Setelah itu, pembagian dilaksanakan secara satu persatu.

“Kami telah menginstruksikan jajaran di bawah untuk membagikan BLT Dana Desa sesuai aturan dari pemerintah. Tidak boleh memberikan BLT kepada warga yang tidak tercantum di dalam daftar penerima bantuan,” jelas Eman.

Penyaluran BLT itu berjalan lancar dan tertib. Pada pembagian bantuan tersebut, Pemdes Munjul menerapkan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan cairan handsanitizer atau sabun.

Semua hadirin, baik perangkat desa yang membagikan bantuan, tim monitoring, maupun penerima bantuan semuanya memakai makser. Mereka juga menjaga jarak selama berada di dalam ruangan aula balai desa.

Para penerima bantuan mengantre dengan tertib sambil menunggu namanya dipanggil oleh panitia. Tidak tampak perubahan tempat duduk atau posisi sehingga kedudukan para penerima bantuan tetap pada jarak yang aman dari ancaman penyebaran Virus Corona dari manusia ke manusia.

Kades Eman berharap kepada warga penerima bantuan dapat memanfaatkan dana BLT DD dengan sebaik-baiknya. Dia mengimbau keluarga penerima manfaat (KPM)  agar membelanjakan uang yang diterimanya untuk memenuhi kebutuhan yang benar-benar mendesak seperti membeli beras.

“Mudah-mudahan penerima bantuan dapat menggunakan dana yang diterimanya dengan bijaksana. Mereka tidak membelanjakannya untuk membeli barang yang tidak penting dan mendesak,” kata Eman. (*)

Print Friendly, PDF & Email