Desa Munjul Gelar Musrenbang Pembuatan Rencana Kerja 2022 dan Usulan Kegiatan 2023

oleh -
Pembukaan Musrenbang Desa Munjul dalam rangka persiapan RKP tahun 2022 dan DU RKP tahun 2023. Tampak hadir Kepala Desa Munjul Eman Sulaeman (ketiga dari kiri), Camat Ciambar Hj. R. Riny Zuraidah Zakhiroh, S.H., M.M. (keempat dari kiri), dan Sekmat Ciambar Firman Alamsyah (paling kanan) bersama unsur pemdes dan kecamatan serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas.
Para peserta Musrenbang Desa Munjul dalam rangka persiapan RKP tahun 2022 dan DU RKP tahun 2023.

Wartawan Joko Samudro

Pemdes Munjul menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) persiapan pembuatan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun 2022 dan Daftar Usulan (DU) RKP Desa tahun 2023. Kegiatan musyawarah itu diselenggarakan di aula balai Desa Munjul, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Kamis (23/9/2021).

banner 970x90

Musnrebang dihadiri Camat Ciambar Hj. R. Riny Zuraidah Zakhiroh, S.H., M.M., Sekretaris Kecamatan Ciambar Firman Alamsyah, Kepala Puskesmas Kecamatan Ciambar, Babinsa, Bhabinkamtibmas Desa Munjul, perangkat desa, kepala dusun, ketua RW, ketua RT, kader posyandu, para tokoh agama, dan tokoh masyarakat. 

Selaku tuan rumah, Kepala Desa Munjul Eman Sulaeman mengucapkan terima kasih atas kehadiran para peserta musrenbang dari berbagai unsur pemerintahan dan masyarakat. Dia mengharapkan kegiatan tersebut dapat menghasilkan program dan kegiatan pembangunan yang prorakyat dan mengarah pada upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam penjelasannya sebelum musnrebang, Kades Eman mengatakan, RKP Desa atau RKPDes merupakan penjabaran dari RPJM Desa untuk jangka waktu 1 (satu) tahun. Dokumen RKP Desa menjadi dasar penyusunan dokumen penganggaran desa yaitu APBDes.

Sementara DU-RKP Desa merupakan penjabaran RPJM Desa yang menjadi bagian dari RKP Desa untuk jangka waktu 1 (satu) tahun yang akan diusulkan Pemerintah Desa kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota melalui mekanisme perencanaan pembangunan daerah. Dalam hal ini, Pemdes Munjul akan membuat DU RKP Desa tahun 2023.

“RKP Desa Tahun 2022 merupakan dokumen perencanaan desa sebagai penjabaran RPJM Desa untuk jangka waktu tahun 2022. Dari hasil musrenbang ini, kami akan menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun Anggaran 2022,” kata Eman. (*)

Print Friendly, PDF & Email