Desa Ambarjaya Terobsesi Ekspor ‘Peuyeum’ ke Mancanegara

oleh -
Tape dan keripik singkong bikinan perajin Desa Ambarjaya dikenal karena kelezatan dan cita rasanya yang tinggi.

Wartawan Joko Samudro

Pemdes Ambarjaya, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, memiliki sebuah obsesi untuk mengekspor kuliner “peuyeum” dan keripik singkong hingga ke mancanegara. Jika keinginan ini benar-benar  terwujud, Desa Ambarjaya akan mengalami lompatan besar dalam bisnis kuliner di Tanah Air.

Produksi peuyeum atau tape yang terbuat dari singkong dan keripik pisang sudah turun-temurun di kawasan tersebut, sejak zaman baheula. Desa ini memiliki bahan baku yang berlimpah untuk kedua jenis kuliner ini yakni pisang dan singkong. Hampir setiap keluarga memiliki pohon pisang dan kebun singkong.

“Bahan baku dasar untuk “peuyeum” dan keripik di desa kami terbilang melimpah. Bahkan muncul keinginan untuk mengekspor kedua jenis makanan produksi warga Desa Ambarjaya ke negara Timur Tengah dan Timur Jauh. Bahkan ke negara-negara Barat,” kata Kepala Desa Ambarjaya Eman Suherman, Kamis (16/9/2021).

Para perajin tape dan keripik Ambarjaya optimis dapat mewujudkan obsesinya itu. Mereka menjamin cita rasa tape dan keripik buatannya dapat diandalkan sebagai komoditas ekspor. Soal rasa dan kelezatannya, produk kuliner dari Ambarjaya bisa disandingkan dengan produk sejenis yang dipajang di minimaekter atau supermarket.

Kepala Desa Ambarjaya, Eman Suherman.

Sejak dahulu kala, kata dia, Desa Ambarjaya merupakan sentra pembuatan “peuyeum” dan keripik. Di hampir setiap rumah, warga setempat memiliki tempat produksi pembuatan makanan tersebut.

“Di desa kami, industri rumah tangga jumlahnya cukup banyak. Karena mereka menggantungkan hidup dari bidang usaha ini. Tape dan keripik sudah menjadi ikon Desa Ambarjaya. Produknya dijual ke berbagai kecamatan di Kabupten Sukabumi  dan luar daerah,” jelas Eman.

Cita-cita untuk mengekspor peuyeum dan keripik tinggal satu langkah lagi kalau difasilitasi dengan sungguh-sungguh oleh pemerintah yaitu promosi dan mengurus perizinan untuk perdagangan ekspor. (*)

Print Friendly, PDF & Email