Pemdes Cijalingan Gunakan Dana Bankeu Provinsi untuk Membeton Jalan

oleh -
Kegiatan pembangunan jalan desa di Desa Cijalingan, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi dengan dana dari bantuan keuangan provinsi masih terus dikerjakan.
Inilah hasil betonisasi pada ruas jalan desa di Desa Cijalingan.

Wartawan Joko Samudro

Ruas demi ruas jalan lingkungan di Desa Cijalingan, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi ditingkatkan dengan beton atau lapisan aspal. Biayanya dari berbagai sumber antara lain Dana Desa, proyek dari Pemkab Sukabumi, bantuan keuangan (bankeu) dari Pemprov Jabar, dan dari pemerintah pusat.

Tahun 2021 ini, Desa Cijalingan mendapat bankeu dari Pemprov Jabar sebesar Rp51 juta. Oleh Pemdes Cijalingan, dana tersebut digunakan untuk memperbaiki jalan desa dengan konstruksi rambat beton. Lokasi kegiatan betonisasi jalan desa itu di Kampung Parungbaliung.  

“Kegiatan peningkatan jalan desa masih berlangsung. Kami harus berkejaran dengan cuaca karena sekarang sudah mulai masuk musim hujan,” kata Kepala Desa Cijalingan Didin Jamaludin, Sabtu (11/9/2021).

Volume pekerjaan betonisasi itu berukuran panjang 100 meter, lebar 2,8 meter, dan tebal 10 cm. Didin mengharapkan pembangunan jalan tersebut dapat diselesaikan dalam waktu beberapa hari ke depan agar masyarakat segera menikmati jalur jalan yang mulus.

“Perbaikan jalan desa tidak bisa sekaligus, tapi harus bertahap mengingat keterbatasan anggaran. Mudah-mudahan ke depan ada sumber dana yang bisa digunakan untuk memperbaiki jalan lingkungan di desa kami,” ujar Didin.

Kondisi jalan yang rusak di Desa Cijalingan pernah viral di media sosial. Sekarang harapan warga untuk memiliki jalan yang bagus dan mulus secara bertahap mulai terjawab.  

“Mudah-mudahan seluruh ruas jalan desa yang rusak dapat diperbaiki semuanya. Kami tidak akan menunda-nunda perbaikan jalan ketika dananya tersedia,” ujar Didin. (*)

Print Friendly, PDF & Email