Jalin Erat Persahabatan, Kades Gunungendut dan Kades Kalapanunggal Seperti Batman dan Robin

oleh -
Kepala Desa Gunungendut Dede Mistar (kiri, berbaju putih) bersama sahabat karibnya Kades Kalapanunggal Hendra Suhendra dalam pertemuan di kawasan Agro Wisata Gunung Wayang.

Wartawan Joko Samudro

Kedekatan dan persahabatan Kades Gunungendut, Dede Mistar dan Kades Kalapanunggal, Hendra Suhendra begitu erat seperti gula dan manisnya. Saking dekatnya, kedua kades yang mengabdi di Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi itu diibaratkan seperti pasangan super hero Batman dan Robin.

banner 970x90

Dalam pengibaratan itu, keduanya kerap kali bertukar peran. Sekali waktu Dede menjadi Batman dan Hendra sebagai Robin. Di lain waktu, Hendra yang menjadi Batman dan Dede sebagai Robin. Batman dan Robin selalu sukses menjalin kerja sama dalam menegakkan kebenaran dan keamanan masyarakat.

Walaupun dwitunggal, Batman dan Robin bisa menjaga privasi masing-masing. Keduanya tetap melaksanakan tugas di tempatnya masing-masing. Begitu juga Dede dan Hendra, dalam persahabatannya yang sangat dekat, masing-masing tetap dapat melaksanakan tugas dan kewajiban di desanya masing-masing.

Mereka secara rutin melakukan pertemuan di luar rutinitas kegiatan selaku kepala desa. Dede dan Hendra selalu saling mendukung dan membantu.

Dalam pertemuan, mereka bertukar pikiran dan membahas persoalan-persoalan yang muncul dalam pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat. Dede memberikan saran dan pendapat kepada Hendra. Sebaliknya Hendra juga melakukan hal yang sama kepada sahabatnya itu.  

“Kami selalu saling membantu dan saling mengisi dalam memecahkan persoalan- persoalan yang terjadi di masyarakat. Karena tugas dan kewajiban kami adalah sama yaitu berjuang untuk melindungi dan mensejahterakan masyarakat,” kata Kades Dede kepada wartawan, Rabu (8/9/2021).

Sehari-hari mereka tetap solid dengan persahabatan yang gasspool atau sepenuh jiwa dan raga. Kalau tidakbertemu secara fisik, mereka berkomunikasi melalui fasilitas teknologi informatika.  

Dede dan Hendra menunjukkan kebersamaan saat mengadakan makan bersama di Agro Wisata Gunung Wayang yang terdapat di Desa Gunungendut. Mereka akrab berbincang dan bercengkrama sambil menikmati hidangan yang disajikan pemilik kedai makanan. 

“Kami berdua akan selalu menjaga persaudaraan ini sampai kapan pun. Suka dan duka akan kami jalani bersama-sama. Komunikasi antara kami berdua tetap terjalin apalagi kami dalam satu wilayah tugas yaitu Kecamatan Kalapanunggal. Pokoknya dalam menjalankan tugas kami tetap kompak dan gasspool,” ujar Dede. 

Senada dengan Dede, Hendra juga mengamini sikap dan pandangan rekan sejawatnya itu. Menurutnya, arti sebuah persahabatan itu adalah mencari kawan yang tetap  bersama-sama terutama di kala susah. 

”Kang Dede adalah figur pemimpin yang mudah bergaul. Dia memiliki solidaritas yang tinggi dan enak diajak berdiskusi dalam membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan aktivitas dalam menjalankan roda pemerintahan,” kata Hendra. (*)

Print Friendly, PDF & Email