Peserta Seleksi Perangkat Desa di Banjarsari Pertanyakan Hasil Tes

oleh -
Pemerintah Desa Banjarsari, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi akan menyelenggarakan seleksi ulang perangkat desa.

Wartawan Hamjah

Asep Rentul, salah satu peserta seleksi perangkat desa di Desa Banjarsari, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi mempertanyakan hasil tes. Dia sudah lulus seleksi dengan nilai tertinggi, namun belum juga mendapatkan SK pengangkatan dari Kepala Desa Banjarsari, Tajudin.  

“Saya telah mengikuti seluruh tahapan rekrutmen perangkat desa sesuai dengan arahan panitia. Dari sebanyak 3 peserta, katanya saya meraih nilai tertinggi dibandingkan peserta yang lainnya,” kata Asep melalui fasilitas WhatsApp, Rabu (8/9/2021).

Jadi Asep Rentul telah menmpuh semua prosedur dan segenap mekanisme mulai pendaftaran, persyaratan administrasi, dan seleksi. Dia dinyatakan lulus dengan nilai terbaik oleh tim penguji tingkat kecamatan.  Namun setelah itu sudah 3 bulan lamanya, nasib Asep terkantung-katung. SK pengangkatan tidak juga diterbitkan.

Dalam posisi kebingungan, Adad, orang tua dari Asep Rentul sudah empat kali datang ke kantor desa untuk menanyakan SK anaknya. Adad ingin mengetahui kelanjutan dari hasil seleksi perangkat desa.

“Saya pernah menanyakan SK anak saya. Apakah anak saya perlu orientasi dulu? Waktu itu kepala desa menjawab tidak perlu orientasi. Dia jawab nanti anak saya dikasih SK langsung. Tapi sudah tiga bulan SK itu belum juga ada,” ujar Adad.

Salah seorang panitia rekrutmen perangkat desa di Desa Banjarsari, Rudi menerangkan, dalam proses penjaringan, berkas ketiga peserta sudah diserahkan ke kantor kecamatan. Berkasnya telah lengkap.

Sementara Kepala Desa Banjarsari, Tajudin menjelaskan, dalam seleksi kemarin terjadi mekanisme yang salah secara alur. Hal itu menyangkut pengumuman hasil. Seharusnya hasil seleksi di tingkat kecamatan disampaikan kepada panitia di tingkat desa. Tahu-tahu para peserta sudah mengetahui hasil seleksi.

“Saya merasa dilangkahi secara alur. Camat pun sudah mengakui kesalahan tersebut sehingga hasil yang kemarin dianulir. Sekarang mau mengadakan seleksi ulang,” ujar Tajudin.

Untuk seleksi ulang tersebut, ujar dia, Pemdes Banjarsari akan membentuk panitia baru yang melibatkan beberapa unsur dari masyarakat dan pemerintah desa juga kecamatan. (*)

Print Friendly, PDF & Email