Wabup dan Camat Parakansalak Bahas Perluasan Lapang Walagri di Lahan PTPN VIII

oleh -
Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri (kanan) bersama Camat Parakansalak H. Royani (kiri) dalam audiensi pembahasan perluasan Lapang Walagri bersama masyarakat Parakansalak.

Wartawan Joko Samudro

Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri bersama Camat Parakansalak H. Royani dan Persatuan Warga Parakansalak menggelar pembahasan perluasan dan pembangunan Lapang Walagri di lahan milik PTPN VIII. Masyarakat menginginkan pembangunan lapang supaya representatif dan lebih luas.

Pembahasan pembangunan Lapang Walagri itu digelar di Pendopo Sukabumi, Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi, Selasa (7/9/2021). Camat dan warga Parakansalak mengusulkan kerja sama antara Pemkab Sukabumi dan PTPN VIII untuk pengembangan dan pembangunan Lapang Walagri.

“Lapang Walagri ini merupakan sarana yang sudah lama digunakan oleh masyarakat. Namun, lahannya milik PTPN VIII. Sehingga harus ada perjanjian dengan pihak PTPN VIII apabila hendak membangun agar menjadi lapang yang lebih representatif,” kata Royani.

Camat Parakansalak juga menyampaikan adanya permintaan dari masyarakat untuk penambahan luasan lahan PTPN sehingga menjadi 2 hektare.

“Lahan yang dijadikan lapang saat ini 1 hektare. Masyarakat meminta tambahan agar totalnya menjadi  2 hektare. Oleh karena itu perlu adanya tindaklanjut perjanjian kerja sama menyangkut penggunaan lahan dan pembayaran pajak untuk area yang dijadikan lapang,” tutur dia. 

Menurutnya, pengelolaan lahan ini bisa untuk 5, 10, atau 15 tahun. Pembuatan draft kerja samanya dibuat oleh pihak PTPN VIII. Warga, kata camat, menunggu kesiapan Pemkab Sukabumi untuk menandatangani perjanjian tersebut.

“Kami mengharapkan ada progres lanjutan dari audiensi ini untuk mewujudkan optimalisasi Lapang Walagri,” kata Royani. 

Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri merespon hal tersebut. Dia mengatakan, lamanya perjanjian harus dicari yang paling mudah ditempuh prosedurnya. Nanti perjanjian penggunaan lahan bisa diperpanjang.

“Kalau berkaitan hal lainnya harus dibahas lebih lanjut.  Tapi secara garis besar, lahan PTPN di Sukabumi bisa dikerjasamakan dengan pemda,” kata Iyos. (*)

Print Friendly, PDF & Email