Swakelola, Pemdes Cibodas Mengaspal Jalan Lingkungan di Kampung Bojongkopi

oleh -
Kepala Desa Cibodas, H. Ujang Suparman (kanan) terjun langsung dan ikut bergotong royong pada kegiatan pengaspalan jalan lingkungan di Kampung Bojongkopi.

Wartawan Joko Samudro

Pemdes Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi mengerjakan pengaspalan jalan lingkungan  dengan hotmix memakai pola swakelola. Pada kegiatan tersebut, Pemdes Cibodas juga melibatkan warga yang berpartisipasi secara bergotong royong.

banner 970x90

Lokasi kegiatan pengaspalan itu meliputi dua wilayah RT yakni RT 15 dan RT 16 di Kampung Bojongkopi. Gotong royong digelar serempak pada Minggu (29/8/2021). Kini hasil dari proyek pengaspalan itu telah dapat dinikmati warga.

“Mudah-mudahan perbaikan jalan lingkungan ini  membawa dampak positif  bagi warga, terutama pada upaya meningkatkan sektor ekonomi warga setempat yang ujung-ujungnya untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Kepala Desa Cibodas, H. Ujang Suparman.

Kegiatan pengaspalan jalan lingkungan itu dibiayai oleh dana bantuan keuangan dari Pemprov Jabar sebesar Rp69.900.000. Dengan dana sebesar itu, Pemdes dan masyarakat Cibodas bisa mengaspal jalan lingkungan sepanjang 300 meter dan lebar 2,5 meter.

Inilah bentangan jalan berhotmix di Desa Cibodas yang diperbaiki dengan dana bantuan keuangan dari Pemprov Jawa Barat.

Sebelum diaspal, kondisi jalan yang menghubungkan RT 15 dan RT 16 Kampung Bojongkopi dalam keadaan rusak, tidak nyaman dilalui kendaraan bermotor. Kades Ujang mengharapkan pengaspalan tersebut dapat meningkatkan kenyamanan masyarakat ketika melewati ruas jalan tersebut.

“Sekarang jalan sudah bagus dan bisa dilalui kendaraan dengan lancar. Saya berpesan kepada masyarakat agar setelah ini jalan lingkungan yang baru saja dibangun harus  dijaga dan dipelihara bersama.  Agar hasil pengaspalan bisa bertahan lebih lama,” ujar dia. (*)

Print Friendly, PDF & Email