Warga Desa Pasirdoton Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19

oleh -
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Balai Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi diikuti warga dari berbagai kalangan dan umur.
Vaksinasi Covid-19 di Desa Pasirdoton domnitor oleh unsur satgasm kecamatan, desa, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas.

Wartawan Joko Samudro

Masyarakat dan Pemerintah Desa Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi siap mensukseskan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dalam segala bentuk dan skala untuk mendukung pemerintah dalam menghentikan penyebaran Virus Corona dan penularan Covid-19.

banner 970x90

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah vaksinasi massal. Vaksinasi Covid-19 diselenggarakan di aula balai Desa Pasirdoton, Jumat (27/8/2021). Sasarannya warga berumur 18 tahun ke atas dan juga lansia. Pada kegiatan ini, Desa Pasirdoton mendapat kuota vaksin untuk 120 orang. Masyarakat tampak antusias mengikuti vaksinasi tersebut.

Pelaksanaan vaksinasi massal di Desa Pasirdoton itu dibantu oleh tim medis dari Puskesmas Cidahu, Tim Satgas Covid-19 Kecamatan Cidahu, Tim Satgas Covid-19 Desa Pasirdoton, dan dimonitor oleh Babinsa, Bhabinkamtibmas, perangkat Desa Pasirdoton.

Kepala Desa Pasirdoton Baesuni berharap dengan diadakannya vaksinasi massal, masyarakat dapat memutus rantai penyebaran Covid-19. Dia berpesan, meskipun telah divaksin, masyarakat harus tetap  mengikuti protokol kesehatan dengan memakai masker saat bepergian keluar rumah, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menjaga imunitas tubuh. 

“Vaksinasi ini untuk meminimalisir potensi penyebaran Covid-19 di desa kami. Seluruh potensi desa dikerahkan untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona,” kata Baesuni di tengah kesibukan monitoring vaksinasi.

Vaksinasi Covid-19 di Desa Pasirdoton, ujar dia, dilaksanakan secara bergelombang. Dalam pelaksanaannya, vaksinasi tersebut selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Warga yang hadir di balai desa harus mengikuti pemeriksaan suhu badan, mencuci tangan, memakai masker, dan duduk dengan menjaga jarak.

Para peserta juga harus menjalani skrining kesehatan sebelum mendapatkan suntikan Vaksin Covid-19. Hanya mereka yang lolos pemeriksaan kesehatan yang dapat mengikuti vaksinasi.

“Warga di desa kami merespon positif undangan untuk vaksinasi Covid-19. Nanti dilakukan pula vaksinasi untuk gelombang berikutnya sampai semua warga di desa kami yang berumur di atas 18 tahun selesai divaksinasi,” ujar Baesuni.

Melalui vaksinasi, lanjut kades, warga dan Pemdes Pasirdoton secara perlahan tapi pasti membentuk herd community atau kekebalan komunal untuk memutus penyebaran Virus Corona. (*)

Print Friendly, PDF & Email