Tim Puskesmas Cidolog Jemput Bola Vaksinasi ke Kampung Cimapag

oleh -
Tim nakes dari Puskesmas Cidolog menggelar pelayanan vaksinasi secara door to door ke kampung-kampung untuk melayani warga yang belum divaksin.

Wartawan Ari Jampang

Tim tenaga kesehatan (nakes) yang juga vaksinator dari Puskesmas Cidolog menggelar vaksinasi dengan cara jemput bola ke Kampung Cimapag RT 02 RW 01 Kedusunan Cikarang 1, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, Rabu (18/8/2021). Pada kegiatan itu tim nakes memberikan pelayanan lengkap untuk vaksinasi seperti dilakukan di tempat lain.

banner 970x90

Lokasi vaksinasi di salah satu madrasah di Kampung Cimapag. Dalam memberikan pelayanan vaksinasi, tim nakes memeriksa warga yang akan diberi suntikan vaksin melalui skrining kesehatan. Tim menyarankan warga yang tidak lolos pemeriksaan kesehatan untuk menunda vaksinasi sampai sembuh.

“Jadi kami hanya memberikan suntikan vaksin kepada warga yang lolos skrining kesehatan. Warga yang tidak lolos skrining kesehatan ditunda vaksinasinya,” kata Ketua Tim Nakes, Dasep, S.K.M. ditemui ditempat vaksinasi.

Selain menunggu di lokasi vaksinasi, tim juga mendatangi warga secara door to door dari rumah ke rumah, pintu ke pintu. Dasep dan rekan-rekan mengunjungi rumah warga yang belum tercantum namanya pada daftar warga yang telah divaksin.

Setelah vaksinasi, para peserta harus menjalani masa observasi selama 30 menit untuk melihat tanda-tanda KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi). Setelah itu, mereka dipersilakan pulang ke rumahnya masing-masing.

Selama vaksinasi, tim Puskesmas Cidolog menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Semua warga yang akan dan telah divaksin harus memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer. Sebelumnya mereka menjalani mekanisme pengukuran suhu tubuh.

“Kami akan melanjutkan vaksinasi jemput bola ke kampung-kampung di pelosok Kecamatan Cidolog untuk membentukan kekebalan komunal di tengah masyarakat guna memutus mata rantai penyebaran Virus Corona,” kata Dasep.

Tim Puskesmas tidak mempedulikan medan yang berat dengan jalan yang sulit dilalui kendaraan bermotor untuk sampai di kampung target vaksinasi. Mereka ikhlas berjuang demi mewujudkan masyarakat yang terbebas dari penularan Covid-19. (*)

Print Friendly, PDF & Email