Tingkatkan Akses Transportasi, Pemdes Munjul Gencarkan Pembangunan Jalan Desa

oleh -
Pembangunan jalan desa dengan aspal hotmix merupakan program prioritas Desa Munjul, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi untuk meningkatkan akses transportasi masyarakat.

Wartawan Joko Samudro

Semangat Pemdes Munjul, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi dalam mendorong pembangunan jalan desa patut mendapatkan apresiasi. Berkat program pembangunan jalan desa yang dilaksanakan secara berkelanjutan, akses masyarakat ke berbagai kawasan dan wilayah menjadi terus meningkat.  

banner 970x90

Setelah membangun infrastruktur jalan desa di berbagai kampung, tahun ini Pemdes Munjul mengerjakan pengaspalan dengan hotmix untuk jalan desa dengan lokasi di Kampung Nyalindung RT 01 RW 03. Sumber dananya dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021 sebesar Rp105.045.000. 

Dengan anggaran dana terbatas, pembangunan jalan desa tersebut dilaksanakan secara bertahap.

Proyek pengaspalan jalan desa di Kampung Nyalindung itu dipercayakan kepada Tim Pengelola Kegiatan Barang dan Jasa (TPK BJ) Desa Munjul dan masyarakat, baik tingkat RT maupun RW. Volume pekerjaan 270 meter dengan lebar 2,5 meter.

Kepala Desa Munjul, Eman Sulaeman mengungkapakan, pembangunan jalan desa dan lingkungan masih menjadi skala prioritas kendati masih dalam situasi pandemi. Karena menurut Eman, akses jalan tersebut menjadi faktor penting dalam distribusi hasil pertanian dan menjadi urat nadi perekonomian masyarakat Desa Munjul.

“Alhamdulillah, kendati ada keterbatasan dana, pembanguan tetap dilaksanakan dan berjalan lancar. Untuk infrastruktur saat ini kami akui belum maksimal. Kami akan mengerjakannya secara bertahap,” kata Kades Eman kepada wartawan, Sabtu (7/8/2021).

Harapannya ke depan, masyarat bisa memiliki akses jalan yang seluas-luasnya ke semua arah untuk mendukung berbagai aktivitas warga dalam meningkatkan perekonomian mereka.

“Pengaspalan jalan ini bertujuan untuk mempermudah akses jalan bagi warga dalam memperlancar arus orang dan barang, khususnya hasil pertanian dari desa kami. Kalau jalannya bagus, aktivitas warga pun menjadi lancar. Akses jalan merupakan faktor terpenting dalam distribusi hasil pertanian dan menjadi urat nadi perekonomian masyarakat,” tutur Eman. (*)

Print Friendly, PDF & Email