Kabupaten Sukabumi Kembali Meraih Penghargaan KLA

oleh -
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami ketika mengikuti pengumuman penghargaan oleh Menteri P3A I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Wartawan Joko Samudro

Kabupaten Sukabumi sukses meraih penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) tahun 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Republik Indonesia. Tahun ini penghargaan KLA yang diraih untuk kategori pratama. Sebelumnya Kabupaten Sukabumi sudah dua kali meraih penghargaan KLA.

banner 970x90

Pengumuman  penghargaan tersebut Menteri P3A I Gusti Ayu Bintang Darmawati secara virtual di Jakarta, Kamis (29/7/2021). Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mendengarkan pengumuman tersebut di Pendopo Sukabumi. 

Bupati bersyukur atas peraihan penghargaan KLA oleh Kabupaten Sukabumi. Apalagi, sangat jarang daerah yang wilayahnya cukup luas memperoleh penghargaan tersebut.

“Daerah yang luas jarang ada yang masuk nominasi penghargaan KLA. Kabupaten Sukabumi dapat meraih penghargaan tersebut, meskipun masih pratama,” ujarnya.

Dia akan mengevaluasi hasil peraihan penghargaan KLA kategori pratama untuk Kabupaten Sukabumi, terutama dilihat dari sisi faktor pendukung, kendala, dan tantangannya.

“Kita akan evaluasi kendala-kedalanya. Namun kita yakini kendalanya adalah wilayah Kabupaten Sukabumi yang sangat luas. Secara nilai, Kabupaten Sukabumi cukup tinggi,” ujar Marwan.

Pemerintah Kabupaten Sukabumi akan berupaya dengan memaksimalkan program pemberdayaan anak, terutama di sektor kesehatan dan pendidikan.

“Tanpa anak yang sehat dan berpedidikan, kita akan sulit memajukan Kabupaten Sukabumi, provinsi, hingga nasional. Dalam kaitan inilah perlu penambahan ruang berkreasi dan bermain anak di setiap wilayah,” kata Marwan. 

Selain itu, pemda memberikan berbagai dukungan dengan membuat berbagai payung hukum seperti Peraturan Bupati hingga Peraturan Daerah. Payung hukum itu semuanya berpihak kepada anak. Sukabumi yang maju itu harus dimulai dari generasi yang hebat. 

Sementara Menteri P3A I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan, jumlah daerah yang meraih penghargaan KLA mencapai 275 kota/kabupaten untuk kategori utama, nindya, madya, dan pratama.  

“Penghargaan ini diberikan kepada daerah yang berkomitmen tinggi dalam mendukung pemenuhan dan pelindungan anak. Kita tahu sepertiga populasi di Indonesia merupakan anak-anak,” bebernya.

Menteri mengharapkan penghargaan KLA dapat menjadi penyemangat daerah untuk maju dalam pembangunan anak-anak. Dalam hal ini termasuk menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk maju menuju 2030 Indonesia layak anak.

“Penghargaan ini jangan dilihat sebagai tujuan akhir, namun penyemangat untuk maju. Termasuk menuju Indonesia maju,” ujar Menteri. (*)

Print Friendly, PDF & Email