Pemdes Sukakersa Salurkan BST kepada Ratusan Warga Terdampak Covid-19

oleh -
Pembagian BST dari Kemensos di balai Desa Sukakersa, Kecamatan Parakansalak berjalan tertib dan lancar.

Wartawan Joko Samudro

Pemerintah Desa (Pemdes) Sukakersa, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi sukses menyalurkan paket bantuan sosial tunai (BST) dari Kemensos RI untuk tahap ke 5 dan 6 kepada 472 warga terdampak wabah Covid-19. Pembagian BST digelar di aula Balai Desa Sukakersa, Selasa (27/7/2021).

Dana BST yang diterima keluarga penerima manfaat (KPM) sebesar Rp600 ribu untuk dua bulan pencairan. Sumbernya dari pemerintah pusat dan pembagiannya dilakukan oleh petugas PT Pos Indonesia.  

Kepala Desa Sukakersa, H. Deden Deni Wahyudin, S.E. menjelaskan, warga yang mendapatkan bantuan tersebut termasuk kategori Non-DTKS (Data Terpadu Kesejahtraan Sosial). Artinya, mereka tidak menerima bantuan sosial lain seperti program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non-tunai (BPNT).

“Demi keadilan, warga yang tidak terdaftar dalam data penerima bansos lain, maka mereka berhak memperoleh BST,” ujarnya.

Kepala Desa Sukakersa, H. Deden Deni Wahyudin, S.E. (tengah) bersama Babinsa Sukakersa pada pembagian BST Kemensos di balai desa setempat.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, Pemdes Sukakersa menerapkan aturan protokol kesehatan yakni mewajibkan setiap warga menggunakan masker, menghindari kerumunan (physical distancing),  dan melumuri tangan dengan hand sanitizer. 

Tim keamanan yang dikoordinir Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta pendamping desa tampak sibuk mengatur jalannya kegiatan agar warga bisa berlaku tertib saat pembagian paket bantuan.

Ditemui di tempat yang sama, salah seorang penerima bantuan menuturkan, bantuan yang dia terima sangat membantu keluarganya  untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari di tengah berkecamuknya wabah Corona.

“Selama pandemi Corona, praktis kami tidak bisa mencari nafkah. Untuk itu, kami sekeluarga mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemkab Sukabumi yang telah mengusulkan nama kami dalam data penerimaan bantuan ke pusat,” ungkapnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email