Rapel Bansos 2 Bulan Cair, Warga Cibunarjaya Bersuka Cita

oleh -
Pembagian BST Kemensos RI untuk bulan Mei dan Juni 2021 di Desa Cibunarjaya berjalan lancar dan tertib.

Wartawan Joko Samudro

Sebanyak 208 keluarga penerima manfaat (KPM) Bantuan Sosial Tunai (BST) dari pusat di Desa Cibunarjaya, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, akhirnya bernapas lega dan bersuka cita. Pasalnya BST bagi warga terdampak pandemi Covid-19 akhirnya cair pada Minggu, 25 Juli 2021. Pencairan dilangsungkan di aula balai Desa Cibunarjaya.

banner 970x90

Bantuan dari Kementerian Sosial RI itu bernilai Rp300 ribu per bulan per KPM. Pembayaran yang dilakukan bulan Juli ini merupakan rapel pencairan untuk bulan Mei dan Juni 2021. Dengan demikian, setiap KPM menerima dana BST sebesar Rp600 ribu.

Adanya bantuan ini menjadi angin segar bagi warga di tengah keterpurukan akibat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) hampir tiga minggu ini. Salah seorang penerima bantuan mengungkapkan kegembiraannya. Dia mengucapkan syukur dan terima kasih kepada pemerintah desa yang telah memfasilitasi pencairan bantuan tersebut. 

“Uang ini sangat besar manfaatnya bagi kami. Dengan uang ini, kami bisa menyambung nyawa,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Cibunarjaya, Ujang Suhanto berharap bantuan ini dapat meringankan beban warga yang terdampak pandemi. Ia juga meminta warga untuk disiplin membelanjakan uang bantuan tersebut.

“Tolong uangnya dipakai untuk kebutuhan pokok saja. Belanja keinginan yang aneh-aneh harap ditunda dulu,” pesan Kades Ujang.

Pencairan bantuan berjalan dengan tertib disertai penerapan aturan protokol kesehatan secara ketat. Warga penerima bantuan diwajibkan memakai masker dan tidak berkerumun. Aparat desa juga menyediakan handsanitizer serta mengecek suhu tubuh warga. (*)

Print Friendly, PDF & Email