Kehilangan Indra Penciuman, Pemred Sukabumi Online Jalani Isoman

oleh -

Wartawan Denny Nurman AJ

Pemimpin Redaksi (Pemred) sukabumionline.net, Joko Samudro selesai menjalani isolasi mandiri (isoman) setelah mengeluhkan kehilangan indra penciuman. Selama 10 hari dia harus beristirahat untuk memulihkan kesehatannya. Sekarang dia telah tuntas menjalani isoman dan kondisinya berangsur pulih.

banner 970x90

“Asalnya saya menggigil panas dingin dan sempat kehilangan indra penciuman. Makanya saya memutuskan untuk mengisolasi diri di rumah karena dikhawatirkan terpapar Covid-19. Sekarang sudah mulai pulih,” kata Joko melalui aplikasi pesan  WhatsApp, Rabu (14/7/2021) siang.

Selama dalam masa isolasi, ujar dia, dirinya berusaha untuk menjaga kebugaran tubuh dengan beristirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan sehat dan buah-buahan segar. Jika diperlukan dan tersedia uangnya, dia juga mengkonsumsi multi vitamin.

Satu hal yang tidak kalah penting dalam menghadapi serangan Virus Corona adalah bersikap tenang atau tidak panik. Karena panik akan menimbulkan stres yang dapat menurunkan imunitas tubuh.  

“Kuncinya  tenang, jangan panik dan stres. Karena panik bisa menurunkan imunitas tubuh. Selain makanan sehat, orang yang sedang menjalani isoman agar tidak berinteraksi dulu dengan orang di sekeliling karena mereka tidak mengetahui kalau kita terpapar Covid-19,” ujarnya.

Pada bagian lain, Joko berharap kepada pemerintah untuk menciptakan prosedur khusus dalam menangani pasien isoman. Selama menjalani isolasi mandiri, praktis pasien tidak bisa mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Pemerintah harus mencari cara untuk menanggung biaya hidup warga yang sedang menjalani masa isolasi. Jadi harus dipikirkan makannya dan asupan gizi serta obat-obatan yang harus mereka konsumsi. Kalau pasien isoman dibiarkan, akibatnya bisa fatal. Kemungkinan terburuk meninggal mendadak tanpa ada yang mengetahui,” tutur dia. (*)

Print Friendly, PDF & Email