Di Balik Fakta Kesuksesan Desa Kutasirna Menjadi Zona Hijau

oleh -
Kantor Desa Kutasirna terus melancarkan inovasi penanggulangan Covid-19 untuk menjadikan desa tersebut masuk zona hijau.

Wartawan Nanang Setiana

Kesuksesan Desa Kutasirna, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi menjadi zona hijau menjadi buah bibir di kalangan pemerintah desa, kecamatan, hingga kabupaten. Desa ini berhasil masuk zona hijau dalam sistem status wabah Covid-19.

banner 970x90

Di Desa Kutasirna berdasarkan hasil penelusuran dan pemeriksaan Satgas Covid-19 hingga ke RT tidak ditemukan warga yang dinyatakan reaktif maupun positif covid-19.

“Alhamdulillah, hingga saat ini Desa Kutasirna dinyatakan zona hijau. Satgas di tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa yang melakukan pemeriksaan ke lapangan tidak menemukan kasis Covid-19 di desa kami,” kata kata Azis, staf Desa Kutasirna kepada wartawan, Selasa (6/7/2021).

Salah satu kunci dari keberhasilan mempertahankan zona hijau, ujar dia, Desa Kutasirna konsisten dan gencar mengedukasi warga agar tetap berdisiplin dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Dalam hal ini perangkat desa dan Satgas Covid-19 di tingkat desa bahu-membahu menggencarkan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di bawah air yang mengalir atau handsanitizer, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas keluar rumah.

“Kami memanfaatkan berbagai forum warga dan media untuk menyampaikan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan seperti pengajian rutin, shalawatan, dan pertemuan-pertemuan lainnya,” kata Azis.

Pemdes dan Satgas Covid-19 juga gencar menyelenggarakan vaksinasi. Sampai sekarang jumlah warga lanjut usia yang telah divaksin mencapai 90 orang. Selain itu ada ratusan penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa yang telah mengikuti vaksinasi Covid-19.

“Di tengah wabah Covid-19, kami tetap menyelenggarakan pelayanan kepada masyarakat.  Namun jumlah pemohonan pelayanan menurun drastis, dalam satu hari paling banyak tiga orang,” ujar Azis. (*)

Print Friendly, PDF & Email