Pemkot Sukabumi Meraih Penghargaan dari BKN Pusat

oleh -
Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi.

Wartawan Nanang Setiana

Pemkot Sukabumi kembali meraih penghargaan bergengsi dari pusat. Kali ini penghargaan tersebut berupa BKN Award 2021 dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Sebelumnya pada Hari Keluarga Nasional, Pemkot Sukabumi meraih penghargaan Manggala Karya Kencana dan BKKBN.

banner 970x90

BKN Award merupakan apresiasi kepada instansi pemerintahan yang dinilai berhasil oleh BKN dalam pengelolaan manajemen dan administrasi kepegawaian. Istimewanya dalam ajang BKN Award, Pemkot Sukabumi meraih peringkat pertama dalam dua kategori berbeda.

”Di awal bulan Juli ini, alhamdulillah Pemkot Sukabumi mendapatkan penghargaan dalam ajang BKN Award 2021,” ujar Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi kepada wartawan lewat sambungan telepon, Jumat (2/7/2021).

Penghargaan tersebut diberikan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian Tahun 2021 yang dilaksanakan pada Kamis (1/7) secara hybrid di Kota Denpasar, Bali dan disiarkan langsung lewat channel Youtube BKN.

Rakornas Kepegawaian 2021 dibuka oleh Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin,  dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim. Tema rakornas “Transformasi Manajemen ASN Menuju Birokrasi yang Dinamis”.  

Pemkot Sukabumi menjadi juara pertama untuk pemerintah kota tipe B dalam hal Implementasi Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian dan Pemanfaatan Computer Assisted Test (CAT). Sementara peringkat kedua adalah Pemkot Balikpapan dan ketiga Pemkot Cirebon.

Satu lagi Pemkot Sukabumi juga meraih peringkat pertama dalam kategori Penilaian Kompetensi. Sedangkan peringkat kedua yakni Pemkot Cirebon dan ketiga diraih Pemkot Pontianak.

Penghargaan tersebut dapat menjadi tolok ukur keberhasilan pemerintah daerah dalam proses kepegawaian. Terlebih Pemkot Sukabumi menjadikan manajemen ASN sebagai salah satu fokus utama.

Prestasi ini juga memacu pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas ASN. Sehingga ASN di lingkup Pemkot Sukabumi bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Sukabumi Asep Suhendrawan mengatakan, penghargaan ini dapat diraih berkat dukungan wali kota, wakil wali kota, dan para aparatur di lingkungan Pemkot Sukabumi serta dukungan warga.

Harapan Asep pengelolaan kepegawaian ini akan terus lebih baik dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat. (*)

Print Friendly, PDF & Email