Muspika Cidolog Gelar Monev Posko PPKM ke Desa Mekarjaya

oleh -
Tim monev gabungan melakukan kunjungan pemantauan ke Posko PPKM Kedusunan Cigulusur, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi.
Pemeriksaan kendaraan untuk memantau tingkat disipilin masyarakat dalam memakai masker.

Wartawan Ari Jampang

Tim gabungan Muspika Cidolog, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat  menggelar monitoring dan evaluasi (monev) ke Posko PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di Desa Mekarjaya bersama pemerintah desa setempat, Kamis (1/7/2021).

banner 970x90

Dalam monev tersebut, tim gabungan mendatangi beberapa Posko PPKM di empat kedusunan yaitu Cigulusur, Mekarjaya, Nagrak, dan  Kedusunan Cicurug. Tim ingin memastikan, posko-posko tersebut dapat menjalankan peran dan fungsinya dalam membatasi pergerakan masyarakat serta penegakan protokol kesehatan (prokes).

Di antara rombongan tim monev tampak hadir Camat Cidolog Hudin Sutardi, S.I.P, Kepala Pospol Cidolog Aipda Nana Sudriyana, Kepala Desa Mekarjaya H. Sopyan, dan Babinsa Mekarjaya Sertu Ajidin.

“Pada kegiatan monev ini kami memerintahkan petugas Posko PPKM di tingkat kedusunan dan Satgas tingkat desa untuk mengawasi pergerakan orang. Petugas posko juga harus bisa mencegah terjadinya kerumunan di tengah masyarakat,” kata Hudin ketika ditemui di Posko PPKM Kedusunan Cigulusur.

Pembatasan pergerakan masyarakat, ujar camat, difokuskan untuk mencegah masuknya warga dari luar ke satu desa yang keperluannya tidak penting. Satgas desa, kata Hudin, juga harus bisa mendeteksi pendatang yang berasal dari zona merah.

“Langkah ini penting untuk mempercepat upaya memutus mata rantai penyebaran Virus Corona dan penularan Covid-19,” kata Hudin.

Belakangan ini tim Muspika bersama pemdes di Kecamatan Cidolog giat menggelar monev ke Posko PPKM di desa-desa pelosok Pajampangan. Dalam monev itu, tim gabungan juga menggelar penyuluhan dan operasi non yustisi untuk penegakan aturan prokes. Tim monev menghentikan pengendara motor yang kedapatan pengemudinya tidak memakai masker.

“Kami juga membagikan masker kepada pengemudi kendaraan bermotor dan penumpangnya yang tidak memakai masker. Disiplin memakai masker harus terus ditegakkan di tengah masyarakat,” tuturnya.

Sementara Kades Sopyan menerangkan, biaya operasional Posko PPKM ditanggung oleh anggaran desa termasuk untuk Satgas Covid-19 tingkat desa. Tugas utama Posko adalah mengimbau masyarakat untuk melaksanakan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. (*)

Tim monev di Posko PPKM Kedusunan Mekarjaya, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi.

Print Friendly, PDF & Email